Denpasar (Bisnis Bali)- Sandal simpel dan nyaman digunakan, menjadi pilihan konsumen saat ini dan cepat laku. Berbeda dengan tren sebelumnya, yang mengutamakan detail  dan high heels, saat ini sandal dengan tinggi yang standar sehingga nyaman digunakan menjadi pilihan konsumen.

Seperti sandal slop dan jepit yang hanya dihiasi sedikit modifikasi, menurut Ni Luh Gatawati, owner Kroya, di Jalan Kroya Denpasar, sangat diminati saat ini. Terlebih lagi untuk kalangan anak muda, sandal flat lebih disukai. “Kalau anak muda gaya mereka sekarang itu nge-flat, jadi santai gitu. Oleh karenanya permintaan sandal flat dan simpel saat ini lebih banyak,” tuturnya. Dari segi bahan dan motif untuk tahun ini, masih pada ular asli  dengan warna ngejreng yang paling digandrungi.

Untuk pemasaran ia mengaku, sampai Bandung, Jakarta, Kalimantan dan Timor Leste. Karena pemasaran juga dilakukan secara online. “Koleksi terbaru selalu kita posting di sosmed, sehingga konsumen yang berada di luar Bali juga sudah tahu dan tertarik dengan koleksi kita,” tukasnya. Permintaan dari luar Bali juga sebagian besar adalah sandal flat dan simpel, karena sebagian besar konsumen adalah remaja. Sedangkan untuk kalangan ibu-ibu permintaan sandal masih menggunakan heels, namun tidak terlalu tinggi.  (pur)