Peduli Bencana Gunung Agung,  Rp 100 Juta Dana Bansos LPD Akan Dicairkan Total Dana Bantuan Capai Rp 290 Juta

27
Kegiatan rapat evaluasi perkembangan LPD di Karangasem.

Amlapura (Bisnis Bali)- Senilai Rp 100 juta dari total Rp 290 juta dana bantuan sosial yang dikumpulkan LPD se-Bali, akan segera dicairkan. Dana bantuan sosial akan disalurkan dalam bentuk bahan pangan untuk masyarakat di pengungsian, dalam memenuhi kebutuhan  di tengah hilangnya mata pencaharian masyarakat Karangasem untuk saat ini.

Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan, di Karangasem Rabu (6/12), kemarin mengatakan, pencairan bantuan sosial dilakukan secara bertahap sesuai kondisi masyarakat dan koordinasi dengan BKS-LPD Provinsi. Hal ini bertujuan, agar bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran. ”Berdasarkan hasil rapat kemarin (dua hari lalu-red), total bantuan yang diterima dari LPD seluruh Bali mencapai Rp 290 juta, dan ini kami cairkan secara bertahap,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jauh sebelumnya bantuan sosial berupa penyaluran logistik kepada masyarakat di pengungsian sudah dilakukan LPD secara individual yang dikoordinir dari BKS-LPD Kabupaten ataupun BKS-LPD Kecamatan. Bantuan tersebut, dikatakannya, telah secara langsung dibawa ke pengungsian. ‘’Dan secara kesatuan LPD seluruh Bali juga mengumpulkan bantuan, berupa dana sosial yang disalurkan dari satu pintu yaitu BKS-LPD Karangasem,” tuturnya.

Disinggung soal situasi LPD di Karangasem saat ini, Mastiawan mengatakan, terkait dengan adanya erupsi Gunung Agung, aset LPD di daerah kawasan rawan bencana (KRB) masih stabil, yang penurunan hanya terjadi 1,8 persen. LPD yang ada di wilayah tersebut juga, dikatakannya, masih buka hingga saat ini, meski beberapa LPD yang membuka pelayanan di pengungsian. Dia juga mengatakan, pelayanan untuk kebutuhan dana nasabah masih tetap dilakukan. (wid)