’’Karikatur Fotoframe’’ Bidik Pasar Anak Muda Bisa untuk Kado Hari Ibu

25

Amlapura (Bisnis Bali) –  Menemukan sebuah ide bisnis, modal kecil untuk yang ingin mencari penghasilan sampingan di rumah bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, khususnya untuk yang baru belajar berbisnis dengan menjalankan usaha sendiri di rumah atau di waktu senggangnya. Karena dewasa ini, selain tantangannya ada pada modal, sulitnya mencari peluang usaha dan pembagian waktu antara pekerjaan juga menjadi salah satu kendalanya.

Seperti usaha atau bisnis jasa edit dan cetak foto, meskipun di zaman yang serba canggih bisnis jasa edit foto lengkap dengan bingkai sudah semakin jarang ditemukan, karena orang lebih memilih men save semua dokumentasinya di laptop atau handphone pribadinya. Namun tidak bagi I Kadek Sugita Arnadi, remaja kelahiran Sidemen Karangasem ini, sebuah ide peluang usaha dengan modal kecilnya justru datang dari keahlian dan pengalaman yang kini juga menjadi hobinya.

Pemilik RARE BALI ini justru memanfaatkan hobinya menjadi suatu usaha yang bisa dikatakan bisnis zaman now. Ya, bagaimana tidak, dirinya berupaya menarik minat konsumen dengan membuat foto menjadi sebuah karikatur menarik dan lucu. Tidak hanya sekedar foto yang diedit, namun juga tertuang seni dan kreativitas yang tinggi.

Ia mengatakan, meskipun bisnis yang ia tekuni secara otodidak ini,  hanya untuk mengisi waktu luang di tengah kesibukannya sebagai penyuluh bahasa Bali akan tetapi justru menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, di share untuk di promosikan lewat media sosial hingga menuai banyak permintaan. Bahkan, karyanya cukup kekinian karena selain bisa untuk di pajang sebagai kenang kenangan, juga bisa untuk kado pernikahan, aniversary, suvenir, ulang tahun dan masih banyak lagi, karena bingkai di desain polos namun terlihat mewah serta editan foto menjadi abu- abu dan karikatur lucu membuat tampilannya sangat modern.

“Belajarnya otodidak dan tidak pernah kursus sama sekali, awalnya hanya sekedar edit dan kirim ke teman  biar terlihat lucu, ya lambat laun banyak permintaan untuk diedit ya akhirnya buka jasa edit foto lengkap dengan bingkai yang bisa di pakai buat kado anniversary, pernikahan, ulang tahun dan hal hal lainnya,”tuturnya.  (ira)