Wisatawan Ikuti Petunjuk Waspada Erupsi Gunung Agung

56
BERLIBUR - Warga Polandia yang sedang berlibur di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Walaupun pariwisata Bali kinidihadapkan masalah bencana erupsi Gunung Agung, wisatawan Polandia tetap berlibur ke Bali. Pemerintah Polandia mewajibkan warganya yang berlibur di Bali mengikuti petunjuk waspada erupsi Gunung Agung.

Konsul Kehormatan Polandia untuk Bali, IB. Surakusuma, Minggu (3/12) mengatakan, pemerintah Polandia memberikan peringatan travel advice bagi warganya yang berlibur ke Bali. Pemerintah Polandia melalui konsulat di Bali telah menyampaikan kepada warga Polandia di Bali mengikuti ketentuan terkait waspada erupsi Gunung Agung.

Ia menjelaskan, wisatawan Polandia telah diminta untuk menjauhi kawasan yang dipandang akan terkena dampak langsung erupsi Gunung Agung. Ekspatriat asal Polandia juga diarahkan untuk memenuhi ketentuan pemerintah dalam antisipasi dan penanganan bencana Gunung Agung.

Dipaparkannya, konsulat Polandia di Bali terus memberikan laporan kepada pemerintah Polandia terkait kondisi Gunung Agung. Ha ini termasuk ketika Gunung Agung mengeluarkan abu vulkanik yang sempat berdampak pada penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Lebih lanjut dikatakannya, kawasan Bali Selatan seperti Denpasar, Sanur, Kuta, dan Nusa Dua masih sangat aman dikunjungi. Informasi ini diberikan untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan Polandia di Bali.

Menurutnya, pemerintah Polandia memberikan peringatan untuk Bali murni untuk memberikan perhatian kepada warganya yang berkunjung ke Bali. Hal ini untuk meyakinkan keamanan dan keselamatan warganya ketika berada di Bali.

Diakuinya, saat penutupan Bandara I Gusti Ngurah  Rai, warga Polandia ada yang sempat menghubungi kantor konsulat di Bali. Mereka diarahkan untuk terbang dan berkunjung ke Bali saat Bandara Ngurah Rai dibuka kembali.

Sementara warga negara Polandia yang berada di Bali saat penutupan bandara diminta tenang dan tidak panik. Mereka hanya diyakinkan tidak berada di kawasan yang dilarang dikunjungi sesuai petunjuk waspada erupsi Gunung Agung.

Pria yang akrab disapa IB. Lolec ini menegaskan, banyak ekspatriat di Bali di antaranya warga Polandia. Para ekspatriat ini juga membantu informasi kepada wisatawan Polandia yang sedang berlibur di Bali. (kup)