LPD Sumbangkan hingga Rp 100 Miliar untuk Pembangunan Bali

16

Denpasar (Bisnis Bali)- Keberadaan LPD sebagai tumpuan perekonomian masyarakat desa pakraman, telah mampu direalisasikan, yang salah satunya melalui program pembangunan yang dialokasikan 20 persen dari laba LPD. Terdata laba LPD se-Bali pada akhir Desember 2016 yang mencapai Rp 500 miliar, dana pembangunan yang mampu disumbangkan kepada desa adat mencapai Rp 100 miliar.

Hal ini diungkapkan Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H.,M.Si, di Denpasar Minggu (3/12) kemarin. Dalam perjalanan LPD, dikatakannya, telah terbukti pembangunan Pura di desa pakraman masing-masing tidak terlepas dari peran LPD. Demikian juga pelaksanaan upacara, baik itu dewa yadnya hingga manusia yadnya ataupun pitra yadnya kerap didukung oleh LPD. Seperti halnya ngaben massal, metatah massal dan sebagainya yang diprogramkan oleh LPD untuk meringankan beban masyarakat.

Demikian pula, perhatian kepada prajuru adat, pemangku hingga masyarakat kurang mampu juga menjadi fokus LPD dalam mensejahterakan masyarakat, yang beberapa LPD juga memberikan insentif pada hari-hari tertentu.

Tidak tanggung-tanggung pada peringatan HUT ke-33 LPD  yang dilaksanakan di Desa Taro juga tidak lepas dari pemberian bantuan kepada prajuru adat, pemangku, anak berprestasi hingga penyandang disabilitas.

Lebih lanjut Cendikiawan mengatakan, peran dan fungsi LPD yang tidak saja sebagai tumpuan perekonomian masyarakat, namun juga mampu berperan dalam kelestarian adat dan budaya di Bali.

“Saya kira benteng dari seni dan budaya yang dimiliki Bali adalah, desa Pakraman. Kalau diibaratkan seperti telur, yang kuning adalah agama, putih adalah seni dan budaya dan kulit adalah desa pakraman itu sendiri. Kulit (desa pakraman) ini agar tidak pecah, harus dikuatkan, dan penguatan itu salah satunya adalah penguatan ekonomi, yang ekonomi desa pakraman adalah LPD,” tuturnya.

Dia berharap, kedepannya keberadaan LPD yang tersebar di seluruh wilayah Bali ini, terus berkembang dan terus mapu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. (wid)