Serangkaian Hari Cinta Puspa DLH Tambah Koleksi Kebun Raya Gianyar

13
Dinas Lingkungan Hidup menambah koleksi tanaman di Kebun Raya Gianyar, Desa Kerta, Kecamatan Payangan.  (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Dinas Lingkungan Hidup menambah koleksi tanaman di Kebun Raya Gianyar, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Selasa (28/11) lalu. Penambahan ratusan pohon ini dilakukan serangkaian hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada 5 November lalu.

Staf Jasa dan Informasi Kebun Raya Giayar, Dewa Asmara Jaya menerangkan ada lima jenis pohon yang berjumlah ratusan di tanam Selasa pagi kemarin. Lima jenis bibit pohon itu seperti kayu manis, badieng, bajagu, nangka dan mundeh. “Lima jenis pohon yang ditanam ada ratusan jumlahnya,’’ ucapnya.

Selain Tim Percepatan Kebun Raya penanaman ini juga melibatkan TNI/Polri, pelaku pariwisata, perangkat desa hingga warga setempat, dengan di komando Kepala DLH, Wayan Kujus Pawitra. “Penanaman ini kami lakukan bertahap, kedepan akan ditambah lagi jenis tanaman, guna memperkaya keragaman di Kebun Raya Gianyar,’’ ucapnya.
Dikatakan, sebelumnya juga dilakukan penanaman pohon di seputaran Kebun Raya Gianyar tepatnya di perkemahan Puncak Sari, Banjar Pilan, Desa Kerta, Payangan. ‘’Jumat lalu juga dilakukan penanaman 4200 pohon yang dipimpin oleh Pangdam XI/Udayana Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak,’’ katanya.

Tahun depan penanaman pohon juga dilakukan di seputaran Desa Kerta. Kujus Pawitra menyampaikan bahwa yang ditanam adalah ratusan pohon pisang. Dipilih pohon pisang, karena selain menjadi konsumsi sehari hari, juga bermanfaat untuk melengkapi sarana upakara. “ Jadi kita tidak hanya memperkaya keragaman tumbuhan di areal Kebun Raya, tapi di sekitarnya dalam hal ini Desa Kerta juga diberdayakan menjaga keragaman tumbuhan,’’ tandasnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Made Raka mengatakan penanaman ratusan pohon pisang sudah dianggarkan sebesar Rp 500 Juta pada APBD induk 2018. “ Ini sudah kami anggarkan di Dinas Pertanian sebagai salah satu tim percepatan pembangunan kebun raya, nanti ada 43 jenis pohon pisang yang akan ditanam di seputaran Desa Kerta,“ katanya. (kup)