Sebelas Perbekel  Dilantik Bupati PAS : Perbekel harus bisa Bekerja Sama dengan semua Pihak

21
Pelantikan dan pengambilan sumpah perbekel dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST., di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks Pelabuhan Buleleng.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Sebanyak sebelas perbekel atau kepala desa hasil pemilihan perbekel (pilkel) serentak 2017 dilantik diambil sumpahnya. Pelantikan dan pengambilan sumpah perbekel sebelas desa dari tujuh Kecamatan di Buleleng ini dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST., (PAS) di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks Pelabuhan Buleleng.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, perbekel tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari pihak lain. Perbekel saat ini tidak boleh terlalu ego dan ingin maju sendiri di desa. Upaya-upaya yang konstruktif harus dilakukan oleh seorang perbekel dalam membangun desa.

Selain itu, perbekel juga harus bisa bekerjasama dengan semua pihak. “Upaya konstruktif terus bisa dilakukan melalui koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak termasuk BPD (Badan Permusyawaratan Desa), tokoh masyarakat, pemuda, PAUD dan PKK. Semua harus diakomodir dalam penyusunan APBDes,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa PAS ini juga berharap kepada perbekel untuk mulai berpikir dan bersikap sebagai seorang pemimpin. Perbekel juga bisa sebagai panutan bagi masyarakat desa. Dirinya pun juga berharap agar BPD bisa bekerjasama dengan perbekel dan tidak menjadi “oposisi” di desa dan kepala desa tidak bersikap jumawa sebagai seorang pemimpin. “Semua pihak harus bekerjasama demi kemajuan desa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa, S.Sos.,M.Si., menyebut kesebelas perbekel yang dilantik ini berasal dari berbagai dimensi profesi yang ada. Mereka berasal dari perangkat desa yaitu klian banjar, pengawas sekolah dan juga guru.

“Mereka berasal dari berbagai profesi. Ini tidak menjadi masalah. Yang jelas sesuai dengan persyaratan dan diberikan kepercayaan oleh masyarakat memimpin desanya. Jadi kita lantik hari ini,” tandasnya.

Kesebelas perbekel yang dilantik oleh Bupati PAS yaitu Drs. I Nengah Sariada (Perbekel Sembiran), Putu Arya Suyasa (Perbekel Sangsit), Putu Budiasa (Perbekel Dencarik), I Made Gelgel (Perbekel Tukadsumaga), I Putu Madia (Perbekel Tukadmungga), Ketut Bijaksana (Perbekel Banyupoh), Ketut Budiasa (Perbekel Sidetapa), Ketut Ngurah (Perbekel Sepang Kelod), Drs. EC Gede Ngurah Sadu Adnyana (Perbekel Bondalem), Nyoman Arya Swabawa (Perbekel Musi), dan Ketut Sudiarsana, SE (Perbekel Pangkungparuk).(ira)