Endek Mastuli Bisa Dicuci,  Penjualan hingga ke Luar Bali

38

Depasar (Bisnis Bali)- Endek mastuli buatan Sidemen, Kabupaten Karangasem makin diminati konsumen, karena inovasi yang terus dilakukan para perajin. Inovasi terbaru yang dilakukan perajin adalah, dengan membuat endek mastuli yang dapat dicuci.

Endek mastuli dari dulu selalu diminati konsumen karena kualitasnya yang  baik. Made Satroni, penjual endek mastuli mengatakan, dari dulu endek mastuli memiliki ciri khas yang membuatnya diminati konsumen.

“Kalau dulu endek mastuli tidak bisa dicuci, sehingga kadang konsumen bingung untuk perawatannya. Tapi sekarang sudah ada endek mastuli yang bisa dicuci, hal tersebut membuat permintaan endek mastuli mengalami peningkatan hingga 50 persen,” tuturnya.

Bila sebelumnya konsumen masih berpikir untuk membeli endek mastuli, karena harganya yang lebih tinggi dari endek biasa, namun endek mastuli tidak boleh dicuci. Sekarang persoalan harga tidak mempengaruhi permintaan lagi, karena hampir semua orang sudah tahu kualitas dari endek mastuli.

Harga endek mastuli bisa dua kali bahkan tiga kali lipat endek biasa, tergantung kesulitan pembuatan motifnya. “Tingginya harga endek mastuli, sudah semua orang tahu. Karena kualitasnya bagus, sehingga sesuai dengan harganya,” tukasnya.  (pur)