DAUN bawang banyak dibudidayakan di daerah Candi Kuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Sebagai daerah sentra tanaman sayur-sayuran, Candi Kuning memproduksi berbagai tanaman sayuran termasuk daun bawang sebagai salah satu jenis sayuran.

Keunggulan budi daya daun bawang adalah sangat mudah dalam pasaran, karena kebutuhan daun bawang cukup tinggi. Budi daya daun bawang, menurut Wayan Ada, petani sayur relatif mudah. Harga jual daun bawang juga relatif stabil dan menguntungkan.

Sebelum budi daya siapkan lahan untuk penanaman, cangkul tanah kemudian berikan pupuk kandang sebanyak 10-15 kg/are. Buat bedengan selebar 0,6-1 m. Buat parit dengan lebar 20-30 cm di antara bedengan. “Kalau pH tanah di bawah 6.5, perlu dilakukan pengapuran dengan kapur dolomit dicampur merata dengan tanah pada kedalaman 30 cm,” terangnya. Tanah yang paling cocok untuk tanaman daun bawang adalah yang banyak mengandung humus, sehingga pemberian pupuk kandang tadi sangat penting.

Kemudian siapkan bibit yang akan ditanam, lebih baik menggunakan bibit dari anak tunas bukan persemaian biji. “Kalau menggunakan bibit dari biji membutuhkan waktunya lama dan belum tentu hasil dari persemaiana tadi akan menghasilkan bibit yang berkualitas,” tukasnya. (pur)