Industri BPR tetap Bertahan

20

Denpasar (Bisnis Bali) – Erupsi Gunung Agung dipastikan akan berdampak pada perekonomian Bali. Bank perkreditan rakyat (BPR) harus menerapkan strategi bertahan menyikapi kemungkinan penurunan perekonomian di Bali akibat erupsi Gunung Agung.

Ketua DPK Perbarindo Gianyar, Made Suarja, Selasa (28/11) mengatakan, erupsi Gunung Agung akan berdampak pada perekonomian di Bali. Proses erupsi yang mempengaruhi sektor pariwisata dan pengungsian warga di Karangasem mengindikasikan akan terjadi penurunan perekonomian.

Ia menjelaskan, penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai diakibatkan abu vulkanik. Penutupan bandara dipastikan mengganggu aktivitas pariwisata di Bali.

Suarja memaparkan, dampak erupsi Gunung Agung belum akan dirasakan bulan ini. Perekonomian Bali akan terasa menurun pada bulan berikutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sektor pariwisata adalah penentu perekonomian Bali. Wisatawan akan merasa ragu atau menunda berlibur ke Bali akibat buka tutupnya Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Direktur BPR Udary ini melihat lesunya sektor pariwisata Bali akan berpengaruh pada sektor yang lain. Komoditi lain seperti hasil pertanian dan perkebunan juga akan terpengaruh. (kup)