Minimalisir Berbagai Penyakit di Masyarakat, GERMAS harus Terus Disosialisasikan

19
 Kegiatan olahraga yang merupakan salah satu dalam gaya hidup sehat. (wid)

Semarapura (Bisnis Bali) – Berbagai macam penyakit bahkan penyakit kronis yang mematikan hinggap di tengah-tengah masyarakat saat ini, sehingga memberi kekhawatiran bagi semua kalangan. Untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi program yang perlu terus disosialisasikan.

GERMAS yang merupakan program mengajak masyarakat untuk memperbanyak makan sayur dan buah, serta rajin berolahraga, telah disosialisasikan oleh beberapa intansi, seperti dinas-dinas, terutama dinas kesehatan, hingga pemerintahan kabupaten/kota. Seperti halnya Kabupaten Klungkung yang pada Jumat (24/11) kemarin juga meluncurkan program GERMAS kepada masyarakat.

Peluncuran GERMAS di Kabupaten Klungkung dilakukan oleh Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, dalam kegiatan peringatan Hari KORPRI ke – 46 dan PGRI ke – 72 yang diawali dengan jalan santai berhadiah sejauh 3 KM. Acara peluncuran ditandai dengan pelepasan puluhan balon ke udara oleh Wabup Made Kasta didampingi Setda Gede Putu Winastra serta Kadis Kesehatan dr. Adi Swapadni.

Dalam peluncuran yang juga dikaitkan dengan  Hari Kesehatan Nasional ke- 53 tahun 2017 yang jatuh setiap tanggal 12 November ini, Wabup Made Kasta mengajak kepada ratusan warga yang hadir untuk senantiasa melakukan aktivitas fisik serta memperbanyak mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah buahan. “Jangan terlalu sering berdiam diri, lakukanlah aktivitas fisik selama 30 menit nonstop satu kali sehari, dengan begitu tubuh akan sehat dan bugar, namun jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah buahan,” ajak  Wabup Kasta.

Dijelasknnya, GERMAS merupakan gerakan atau tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama – sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat. Program ini  merupakan instruksi Presiden RI No 1 tahun 2017 dengan kegiatan utama adalah melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan berkala, tidak merokok serta yang terakhir adalah pemberantasan sarang nyamuk. (wid)