Jasa Cuci Sepatu mulai Dilirik Masyarakat

195

Denpasar (Bisnis Bali) – Seperti halnya jasa cuci pakaian atau dikenal jasa laundry kian menjadi kebutuhan masyarakat di pusat kota. Belakangan jasa mencuci sepatu pun mulai dilirik masyarakat.

Karena aktivitas dan kesibukan masyarakat perkotaan membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian apalagi sepatu, sehingga mereka lebih mempercayakannya kepada jasa laundry dan  shoes clean. Di Bali, jasa pencucian sepatu saat ini masih terbilang jarang ditemukan,  padahal jasa ini cukup bagus prospeknya ke depan. Kebanyakan jasa pencucian baju atau pakaian yang sangat menjamur terutama di pusat kota atau di kota besar. Jasa pencucian sepatu sebenarnya sangat dibutuhkan mengingat hampir semua orang menggunakan sepatu, baik untuk kerja ke kantor, ke sekolah atau kampus.

Peluang ini yang dimanfaatkan beberapa anak muda, seperti diungkapkan Bayu, manager jasa pencucian sepatu di Jalan A. Yani, Denpasar. “Shoes clean di Bali ini baru buka 4 bulan lalu dan sudah mendapatkan respons positif dari warga kota,” tukasnya. Jasa cuci sepatu ini lumayan memikat masyarakat, para pelanggannya memang masih sebagian besar adalah anak muda,  atau mahasiswa di seputar Denpasar.

“Awal louncing kami menerima hingga 2000 pasang sepatu baik untuk dicuci atau mengecat sepatu agar terlihat baru dan tidak kusam. Saat ini setiap hari rata – rata kami menerima order cuci sepatu 10 pasang,  dan saat weekend menerima order 20 hingga 30 pasang sepatu,” paparnya.  Bisnis yang dijalankan ini lebih banyak secara online melalui medsos sehingga custumer datang dari berbagai wilayah. Dalam bisnis ini pihaknya juga menawarkan antar jemput gratis sehingga sangat memudahkan konsumen memanfaatkan jasa cuci sepatu (shoes clean).

Bayu mengungkapkan ia bersama beberapa stafnya yang juga anak muda sangat bersemangat menjalankan usaha tersebut,  mengingat pemiliknya juga anak muda berusia 21 tahun. Selain jasa cuci sepatu fast clean dan deep clean, usaha ini menerima repaint atau mewarnai ulang sepatu,  recolour atau mengganti warna sepatu, un yellowing atau memutihkan bagian yang pudar – pudar sehingga sepatu pelanggan menjadi bersih dan wangi.

Untuk membersihkan atau memcuci sepatu sejumlah alat dan bahan di gunakan separti sikat mulai yang lembut hingga kasar,  handuk kecil atau saput tangan bersih.  Untuk bahan mencuci menggunakan sabun khusus yang di produksi sendiri yang memiliki kandungan anti bakteri,  aman serta wangi untuk sepatu.  “jika Anda sibuk dengan urusan mencuci sepatu, Anda bisa memanfaatkan jasa ini dengan syarat harus mengeluarkan kocek mulai Rp 30 ribu  tergantung kotor dan kesulitan dalam mencuci dan sepatu Anda dijamin bersih dan harum,” tandasnya.(pur)