Denpasar (Bisnis Bali)- Pelurusan rambut saat ini lebih banyak diminati oleh perempuan Bali, ketimbang pengeritingan. Dengan teknologi pelurusan rambut terbaru yaitu, smoothing keratine, membuat rambut terlihat lurus alami.

Smoothing keratine saat ini  menurut Swandewi, pemilik New Melati Beauty Salon di Renon, Denpasar, sangat diminati karena hasil akhirnya terlihat alami. “Smoothing keratine ini berbeda dengan teknik smoothing sebelumnya. Kalau teknik sebelumnya, rambut akan terlihat lurus seperti papan, sehingga kelihatan tidak alami,” tuturnya. Jadi dengan teknologi terbaru, smoothing keratine hasilnya membuat para wanita puas, karena terlihat lurus alami.

Belakangan ini produk perawatan rambut yang ditambahi keratine sedang marak di pasaran,  mulai dari shampo, kodisioner, hingga teknik pelurusan rambut pun memanfaatkan keratine. Karena hasil akhirnya memang sangat bagus.  Keratin sebenarnya adalah protein alami yang ada di rambut. Keratin inilah yang berperan dalam menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Namun seiring dengan bertambahnya usia dan gaya hidup yang kurang baik, bisa mengakibatkan produksi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya rambut menjadi kusam, rusak, dan sulit diatur.

Smoothing keratine saat ini digandrungi para wanita. Proses pelurusan ini dilakukan dengan melapisi keratine artifisial pada batang rambut, untuk menjadikannya mengkilap dan lurus, namun tetap sehat. Namun efek yang didapat dari proses ini hanya bertahan sekitar 2 setengah bulan, lebih singkat daripada proses pelurusan berbasis bahan kimia lainnya, tetapi smoothing keratine hair lebih aman untuk rambut.

Kelebihan smoothing keratin adalah membuat rambut jadi lembut, tidak kering seperti proses pelurusan berbasis bahan kimia lainnya, rambut mudah diatur. Karena lapisan keratin juga berfungsi melindungi batang rambut, rambut akan terhindar dari matahari dan polusi yang bisa menyebabkan kutikula rambut rusak.

Karena keunggulan tersebut smoothing keratin, tentunya lebih mahal dari smoothing biasa. Selain itu setelah smoothing dibutuhkan perawatan ekstra, agar rambut tetap sehat.(pur)