Mangupura (Bisnis Bali) –  Produk topi gaul untuk pria di distribution outlet (distro), belakangan ini kian diminati konsumen. Pasalnya, selain produk ini up to date, juga penampilannya modis dan trendi sehingga sukses pikat konsumen.

Menurut Ricky, salah seorang pebisnis distro di kawasan Kuta, Selasa (22/11), jika tak selektif membaca selera pasar, produk distro akan sulit laku. Apalagi persaingan pasar belakangan ini cukup ketat, sehingga untuk memenangkan persaingan bisnis, pihaknya dituntut untuk membuat strategi dengan cara mengatur produksi, serta inovatif dalam hal desain.

‘’Inovasi produk sangat penting untuk meningkatkan kualitas desain dan motif produk distro. Terutama jenis topi dengan logo atau lambang-lambang tertentu yang menarik bagi kalangan anak muda,’’ ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya berusaha menyediakan produk yang up to date (mode kekinian) untuk mengatasi persaingan yang kian ketat belakangan ini. ‘’Selain itu, topi gaul ini bisa didapatkan dengan harga murah di tempat kami, yakni mulai Rp 125.000 per pcs,’’ jelasnya.

Katanya, dengan harga terjangkau, topi gaul ini cukup banyak dikoleksi oleh pria, terutama anak muda, baik dari kalangan ekonomi bawah hingga atas.

Ia melihat, perkembangan tren busana pria saat ini sangat cocok dilengkapi dengan topi gaul. Apalagi dengan maraknya pelaksanaan fun bike, aksesori topi gaul ini makin dibutuhkan terutama saat bersepeda di siang hari. ‘’Fungsi topi ini, menghindari kepala dari terik panas matahari. Di bagian lain topi gaul dapat menunjang penampilan kaum pria dan wanita saat ke luar rumah,’’ imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, topi gaul ini bentuknya unik dan berwarna-warni, serta dihiasi motif, lambang atau merek kesukaan konsumen. ‘’Dengan menggunakan topi gaul bisa memperlihatkan remaja saat ini selalu berpenampilan berbeda pada tiap kesempatan. Pemakai topi gaul ini akan selalu merasa bahwa dirinya, berpenampilan fresh tiap waktu,’’ tandasnya.

Hal senada diungkapkan Darto, pebisnis topi gaul lainnya. ‘’Kami sengaja menyiapkan beberapa produk topi gaul yang up to date untuk mengatasi persaingan saat ini,’’ ujarnya.

Lanjutnya, membangun bisnis distro memerlukan modal yang cukup. Tak hanya ketersediaan bahan baku yang memadai, juga peralatan produksi dan tukang desain yang andal, dan terpenting lagi mampu memberikan harga bersaing dengan distro lainnya dengan memberikan harga produk mulai Rp 75.000 per pcs. (aya)