Program TARIAH LPD Ambengan Selenggarakan Penarikan Ke-19 pada Periode III

61
 Pelaksanaan TARIAH di LPD Ambengan yang antusias diikuti oleh nasabah. (wid)

Singaraja (Bisnis Bali) – Tabungan Arisan Berhadiah (TARIAH) yang merupakan program dari LPD Ambengan, Sukasada, Buleleng, telah melakukan penarikan ke-19 pada periode III. Program yang telah berjalan selama 6 tahun ini, merupakan program tabungan yang disetor tiap bulan dengan penarikan yang berlangsung selama 2 tahun.

Kepala LPD Ambengan, Made Nyiriasa, S.Sos, MMA, saat ditemui, Selasa (21/11) kemarin menjelaskan, program TARIAH diperuntukan kepada nasabah LPD, yang jumlahnya mencapai ribuan rekening. Dia mengatakan, sistem dari program ini berupa setoran tiap bulan yang besarannya Rp 100.000 per rekening. “Penarikan dilakukan satu bulan sekali pada saat setoran dilakukan yaitu tiap tanggal 12. Dalam 2 tahun penarikan dituntaskan, yang kemudian diulang kembali pada periode berikutnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tabungan yang mengadopsi sistem arisan ini memberikan banyak keuntungan bagi nasabah. Selain membantu masyarakat dalam menyimpan dana, ada banyak door prize yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan, hingga hadiah undian yang didapatkan pada saat dilakukan penarikan.

Selain itu juga dikatakannya, pada saat dilangsukan penarikan ini, nasabah juga mendapatkan bingkisan menarik yang disiapkan oleh LPD. “Demikian bagi nasabah yang paling terakhir narik, juga akan mendapatkan bunga paling banyak,” ungkapnya.

Disinggung soal sistem pengelolaannya, Nyiriasa mengatakan, dana yang dikumpulkan setiap bulannya ini, sebagian diambil untuk biaya hadiah, biaya bingkisan yang disesuaikan dengan kesepakatan anggota.

“Setelah dikurangi, dana tersebut disimpan di LPD dalam bentuk tabungan berjangka. Suku bunga dari tabungan berjangka ini yang akan kita manfaatkan, selain untuk biaya, sisa dari bunga ini sebagai biaya pengelolaan tabungan ini,” katanya. (wid)