Tabanan (Bisnis Bali) Buah pare selama ini hanya diolah menjadi sayur dan kurang diminati oleh anak-anak karena rasanya yang cenderung pahit. Pare mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karenanya, belakangan pare mulai diolah menjadi keripik yang disukai oleh semua orang termasuk anak-anak.

Keripik pare saat ini menjadi salah satu produk UKM yang merambah pasar oleh-oleh. Banyak UKM mulai mengembangkan keripik pare sebagai camilan sehat, yang potensial dikembangkan.

Ketua Kelompok Tani Sari Nadi, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Subandiah menuturkan, proses pembuatan keripik pare sangat mudah.

“Pare mempunyai rasa yang pahit sehingga banyak orang yang kurang suka dengan jenis makanan ini. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, sebenarnya sangat mudah yaitu bisa merendamnya menggunakan air garam atau bisa menguleninya menggunakan garam untuk menetralisir rasa pahit,” paparnya. Dengan teknik tersebut, keripik pare yang dibuat tidak akan pahit sehingga disukai oleh semua orang.

Keripik pare ini bisa menjadi alternatif bagi ibu-ibu yang ingin menyajikan camilan sehat bagi keluarga. Keripik pare juga mudah dibuat sendiri oleh ibu -ibu bagi keluarga dan juga bisa menjadi bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga.

Bahan baku yaitu pare diiris tipis, bawang putih dihaluskan, garam, ketumbar, tepung kanji dan tepung beras. Caranya, yaitu bawang putih, garam serta ketumbar yang telah dihaluskan dicampur ke dalam adonan tepung beras dan tepung kanji beri sedikit air dan aduk hingga rata. Kemudian pare yang telah diiris tipis direndam ke dalam air garam kurang lebih 1 jam atau bisa dengan diuleni menggunakan garam. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa pahit dari pare tersebut. Setelah 1 jam tiriskan pare, lalu celupkan pare ke dalam adonan, goreng pare hingga matang lalu angkat dan tiriskan.

“Untuk membuat lebih garing, bisa juga dilakukan dengan 2 kali menggoreng. Goreng pertama setengah matang, setelah itu digoreng lagi sampai garing,” tandasnya.

Dengan cara ini hasilnya akan lebih garing dan setelah dingin dapat segera dikemas, bila ingin dijual. (pur)