Programkan Setiap Enam Bulan, LPD Akah  Beri Insentif ke Pemangku dan Prajuru Total Insentif Capai Rp 22 Juta

77
Karyawan LPD Desa Adat Akah yang sedang melayani nasabah.  (wid) 

Semarapura (Bisnis Bali)- Sebagai program rutin setiap enam bulan sekali, LPD Akah memberikan insentif kepada prajuru adat dan pemangku di lingkungan Desa Adat Akah. Adapun total insentif yang diberikan kepada 18 orang adalah senilai Rp 22 juta.

Ketua LPD Desa Adat Akah, Dewa Ayu Agustina Delling, saat ditemui Jumat (17/11) kemarin mengatakan, insentif yang disisihkan setiap bulannya ini diberikan setiap enam bulan sekali kepada prajuru desa dan pemangku di wilayah Desa Adat Akah. “Jumlah yang diberikan berbeda-beda, yang total dana untuk itu adalah Rp 22 Juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tujuan diberikan insentif setiap enam bulan sekali ini, untuk memberikan apresiasi kepada prajuru dan pemangku yang telah berjasa pada penyelenggaraan desa pakraman.

Disinggung soal perkembangan LPD, dia mengatakan, hingga akhir Oktober 2017, aset yang dimiliki LPD Desa Adat Akah mencapai Rp 13,5 miliar. Jumlah ini, dikatakannya, sudah mendekati target yang hingga Akhir Desember 2017 hasil capaian aset yang ditargetkan adalah  Rp 13,6 miliar.

Demikian juga laba yang hingga akhir Oktober pencapaian laba berjalan sudah Rp 311 juta. “Kami berharap meskipun di tengah situasi ekonomi melemah dan ditambah pula bencana Gunung Agung yang terjadi, pencapain target kami bisa terpenuhi, demikian juga laba yang kami targetkan hingga akhir tahun nanti mencapai Rp 345 juta,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun hingga akhir Oktober lalu yaitu, sebesar Rp 5,1 miliar berupa tabungan dana Rp 5,3 miliar berupa deposito. Sementara kredit yang mampu disalurkan senilai Rp 8,2 miliar. (wid)