BKSDM Siap Tingkatkan Mutu Pelayanan 

56
Penyerahan hasil Audit dan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini diselenggarakan di Kantor BPKSDM Buleleng.

Singaraja (Bisnis Bali) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng menerima hasil Audit dan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Hasil Audit dan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini mencakup seluruh bidang dan Aktivitas yang ada di BKPSDM dengan cakupan 18 jenis layanan kepegawaian yang ada dalam layanan satu pintu “PILKB”.

Hal ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Buleleng khususnya BKPSDM, untuk senantiasa mewujudkan sistem manajemen mutu pelayanan pada BKPSDM. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen organisasi, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas pelayanan BKPSDM, dan meningkatkan kompetensi dan komitmen SDM di lingkup BKPSDM.

Proses Sertifikasi SMM ISO 9001:2015 ini diawali dengan proses pendampingan oleh pihak konsultan yang telah berpengalaman dan kompeten dalam hal SMM ISO 9001:2015 bernama PT QIMS INTRSINDO. Sementara untuk pelaksanaan audit dilaksanakan oleh Lembaga Independen yaitu Badan Sertifikasi yang terakreditasi pada komite akreditasi Nasional bernama PT ASRICERT INDONESIA. Proses sertifikasi ini diawali juga dengan kegiatan pendampingan oleh pihak Konsultan yang dimulai dari tanggal 16 Juli sampai dengan 15 September 2017.

Acara Penyerahan Hasil Audit dan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini diselenggarakan di Kantor BPKSDM Buleleng. Hasil Audit dan Sertifikat ini terlebih dahulu diserahkan oleh Presiden Direktur PT ASRICERT INDONESIA Ir. Hasnov Putra Kepada Pemkab Buleleng dalam hal ini diterima oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG kemudian diserahkan kembali kepada BKPSDM yang diterima langsung Kepala BKPSDM Ni Made Rousmini, S.Sos. Dalam kesempatan itu hadir pula Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng dan para Camat se-Kabupaten Buleleng.

Kepala BKPSDM Ni Made Rousmini, S.Sos  menjelaskan, tujuan dari sertifikasi ini untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Rousmini menambahkan, dengan adanya ISO 9001:2015 ini pelayanan menjadi lebih mudah dan modern.

Ia juga mengatakan, dengan adanya ISO 9001:2015 ini tiap PNS yang memerlukan pelayanan bisa lebih mudah dengan membuka web BKPSDM. Rousmini menegaskan, BKPSDM akan berkomitmen untuk mempertahankan standar pelayanan yang sudah disertifikasi.

“Dengan adanya sertifikasi ini tentunya pelayanan kami menjadi lebih mudah, dan paling penting menjadi lebih transparan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengatakan, BKPSDM harus mempertahankan srtifikat ini karena setiap tahun akan dievaluasi. Wabup Sutjidra berharap, seluruh OPD yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa mendapatkan sertikat ISO 9001:2015 ini.

“Tadi disampaikan bahwa akan ada standar sertifakat ISO 37001:2016 tentang bagaimana ASN anti suap. Jadi standar itu yang akan kita kejar sehingga sistem pelayanan di setiap OPD di Buleleng sudah terukur dan sudah ada standar mutu pelayanan yang diberikan oleh OPD di lingkup Pemkab Buleleng,” ujarnya.(ira)