BUNGA rosella banyak dimanfaatkan sebagai teh herbal yang kaya manfaat. Sebenarnya rosella bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk olahan lainnya, seperti selai, pewarna makanan dan penambah rasa.

Teh rosella menurut praktisi herbal, Nyoman Sridana belakang sangat banyak peminatnya karena masyarakat mulai mengetahui khasiatnya. “Manfaat teh rosella mempunyai antioksidan yang kuat dan aktif dalam memelihara kesehatan organ tubuh karena mengandung senyawa fenolik, glukosa hibiscin, antosianin dan gossipetin,” paparnya.

Dalam 100 gram bunga rosella terdapat 260 sampai 300 mg nutrisi termasuk vitamin  A, C dan D. Mengandung vitamin B di antaranya thiamin 0,118 mg, riboflavin 0,278 mg, niacin 3765 mg, mengandung kalsium tinggi, protein, zat besi, kalium dan natrium, serta mempunyai 18 jenis asam amino essensial termasuk agrinine dan zat lysine. Selain itu juga terdapat serat yang tinggi, betakaroten, omega 3, magnesium, zat gossipetin, antosianin, glukosida hibiscin, dan senyawa fenolik.

Kandungan tersebut membuat teh rosella kaya manfaat di antaranya  menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus, dan rahim, serta bekerja seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing. “Mengonsumsi teh rosella memberi pengaruh baik pada lipid dan menurunkan kolesterol total. Anthocyanin yang ditemukan dalam kelopak bunga rosella dianggap sebagai fitokimia yang bertanggung jawab atas efek antihipertensi dan hipokolesterolemia,” tandasnya.

Kandungan antioksidan dalam bunga ini juga menghambat aterosklerosis  (faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular).

Teh rosella juga menunjukkan potensi untuk pengobatan kanker, penurunan berat badan, dan kegunaan lainnya. Ekstrak bunga rosella juga disebut memiliki efek terhadap metabolisme, mencegah obesitas, dan menghadang penumpukan lemak di hati.

Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, disarankan mengonsumsinya secara benar. Umumnya, dosis penggunaan teh rosella adalah 1,5 gram.  Bagi para ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit hati dan ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi teh rosella ini atau konsultasikan ke dokter Anda untuk dosis yang aman untuk mengonsumsinya. Bagi penderita tekanan darah rendah, dianjurkan tidak mengonsumsi teh rosella karena dapat membuat tekanan darah makin rendah. (pur)