Serangkaian HUT, DWP Tabanan Gelar Seminar Autoimun 

40
Acara juga diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab terkait penyakit Autoimun dan pencegahan penyakit Osteoporosis. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) –  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tabanan mengadakan Seminar Sehari dengan Tema ‘Peningkatan Kualitas Istri ASN Menuju Ketahanan Keluarga’, Rabu (15/11).  Penyelenggaraan seminar ini dalam rangka menyambut HUT ke-524 Kota Tabanan dan HUT ke-18 DWP. Seminar ini membahas tentang Pengenalan Gejala Penyakit Autoimun dan Pencegahan Penyakit Osteoporosis.

Hadir dalam acara tersebut Asisten II Sekkab Tabanan, I Wayan Miarsana, Ketua DWP Tabanan, Nyonya Putriningsih Wirna, Para pengurus dan anggota DWP Tabanan serta Purwatusi Provinsi Bali yang juga merupakan sebagai narasumber.

Nyonya Putriningsih Wirna dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan seminar ini didasarkan atas petunjuk pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Dharma Wanita Persatuan Pusat dengan Nomor 396 tahun 2017 tentang pelaksanaan Hari Ulang Tahun ke-18 Dharma Wanita Persatuan.

“HUT Dharma Wanita Persatuan  bersinergi dengan peringatan HUT ke-524 Kota Tabanan 2017 yang akan berlangsung akhir bulan ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, jumlah peserta seminar ini terdiri dari 155 orang yang terdiri dari Organisasi Perempuan se-Kabupaten Tabanan, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Tabanan dengan mengajak ketua TP PKK Desa serta pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tabanan.

Sementara itu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wayan Miarsana memberikan apresiasinya atas kegiatan positif ini. Dikatakannya, pengenalan gejala autoimun perlu diketahui karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat. Begitu juga dengan menjaga kesehatan tulang dan pencegahan gangguan tulang osteoporosis sejak dini sangatlah penting.

“Dengan seminar kesehatan ini dapat membawa manfaat bagi peserta untuk lebih peduli terhadap gejala autoimun dan pencegahan osteoporosis, sehingga istri ASN mampu meningkatkan ketahanan keluarga serta menumbuhkan peran serta DWP Kabupaten Tabanan membanu program pemerintah Kabupaten Tabanan mewujudkan visi Tabanan serasi,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari dr. IA. Ratih Wulansari Manuaba selaku narasumber. Para peserta seminar juga sempat diajak untuk melakukan senam osteoporosis.(man)