Ciptakan Pasar Nyaman dan Higenis Disperindag Denpasar Gelar Sekolah Pasar Rakyat

34
Wali Kota, Rai Mantra sedang mengenakan celemek kepada perwakilan para pedagang pasar rakyat Kota Denpasar .

Denpasar (Bisnis Bali) – Mewujudkan pasar yang nyaman, bersih, higenis dan terpercaya sangat dibutuhkan peran prilaku para pedagang sekaligus pengelola pasar. Pentingnya menciptakan suasana pasar yang bersih, nyaman, higenis, menarik dan terpercaya sehingga pasar rakyat menjadi tujuan utama masyarakat selaku konsumen. Bukan hanya itu, pedagang berprilaku jujur sangat dibutuhkan, juga mampu menata barang dagangannya serta memberikan pelayanan yang prima. Dengan mengangkat tema “Jaga Pasar Kita”, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan melaksanakan sekolah pasar yang dipusatkan di Pasar Agung Kecamatan Denpasar Utara, Rabu (15/11).

Pelaksanaan Sekolah Pasar Rakyat dihadiri langsung Wali Kota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus memberikan arahan kepada peserta Sekolah Pasar dan menyerahkan sebanyak 600 celemek kepada pedagang pasar rakyat. ‎

Kegiatan yang menghadirkan Instruktur Tim Pendampingan Pasar dari Ikatan Sarjana Ekonomi ini diikuti 40 Peserta yang terbagi dari 4 pasar tradisional yakni, Pasar Sindhu Sanur, Pasar Pedungan, Pasar Tegal Arum dan Pasar Windhu Boga yang masing-masing menghadirkan perwakilan pedagang. “Melalui sekolah pasar ini kita berharap dapat menjadi wahana pembelajaran dan edukasi bersama untuk menciptakan pasar rakyat yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta meningkatkan peran ekonomi kerakyatan ,” harap Rai Mantra.

Menurutnya, ‎pasar rakyat memiliki peranan yang sangat strategis, baik dari aspek ekonomi maupun aspek sosial budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. Hal inii merupakan bagian dari program pemerintah Kota Denpasar “Padmaksara” yaitu revitalisasi pasr tradisional. Dengan pembenahan dibidang fisik pasar, pembenahan bidang ekonomi dan bidang sosial budaya.  ‎Bidang fisik merevitalisasi pasar baik melaluii dana APBD dan APBN setiap tahunnya. Sehingga tercipta pasar yang layak dan nyaman bagi para pedagang dan konsumen. Pembehanan bidang ekonomi meningkatkan pendapatan asli daerah dan perekonomian desa setempat. Dan memberi peluang peningkatan bisnis bagi masyarakat yang akan menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Pembenahan bidang sosial budaya mengabarkan pasar rakyat sebagai tempat berinteraksi dalam masyarakat. ‎”Mekanisme tawar menawar yang terjadi dalam pasar rakyat adalah sarana komunikasi bicaa langsung antara penjual dan pembeli. Sehingga tercipta keakraban penjual dan pembeli,” katanya.  ‎

Sementara itu, Kadis Perindag Kota Denpasar, Drs. I Wayan Gatra, M.Si., menegaskan Pemkot Denpasar cerdas menyikapi permasalahan dan tantangan yang ada terkait dengan pemanfaatan pasar. Baik oleh pedagang maupun pembeli serta pengelola pasar dengan memanfaatkan program sekolah pasar rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dari pedagang dan pengelola. Sehingga diharapkan tercipta pasar yang ramah, segar dan terpercaya.

”Sekolah pasar rakyat yang pertama kali dilaksanakan Februari 2016 yang diikuti 40 peserta dari para pedagang dan pengelola pasar. Kemudian pelaksanaan sekolah pasar rakyat kedua tahun sama pada Oktober 2016 dan diikuti 40 peserta juga. Dan sekarang yang ketiga kalinya juga melibatkan 40 peserta,” jelasnya.

Ditambahkan, ‎materi dalam sekolah pasar mengedepankan tentang prinsip dasar menciptakan pasar yang disenangi konsumen. Diantaranya, pedagangnya jujur dan ramah, lingkungan pasar aman, nyaman dan bersih. Produk yang diperjual belikan adalah barang baru dan segar dan higenis. Bagaimana pengelolaan usaha pedagang pasar rakyat, Pelatihan strategi penjualan terutama pengaturan barang dagangan (display), pelayanan kepada pembeli, teknik komunikasi serta transaksi yang jujur namun tetap menguntungkan serta promosi barang yang dijual. ”Open mindset pedagang menjadi pedagang ramah, segar dan terpercaya, informasi harga barang, kecakapan pengenalan gambar, pra post test dan penilaian kompetensi pedagang.” tandasnya. (sta)