Peluang Pasar Rusia Terbuka Lebar bagi UKM Bali

57
BINCANG - Perbincangan dubes RI untuk Rusia dengan UKM Bali. (gun)

Denpasar (Bisnis Bali) –  Rusia yang ibukotanya Moskow memiliki potensi pasar di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi yang terbuka lebar bagi investor maupun para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Bali. Kunjungan duta besar (dubes) RI Rusia ke Bali bertemu dengan pihak BI, dan segenap pengusaha di Bali berbincang – bincang tentang upaya memaksimalkan penggarapan potensi pasar Rusia yang terbuka lebar  di samping membahas tentang kendala – kendala teknis yang dihadapi salah satunya penerbangan di Gedung BI, Senin (16/10).

Dubes RI Rusia, Wahid Supriyadi menyampaikan peluang pasar Rusia yang terbuka tersebut tak hanya di bidang perdagangan, pariwisata tapi juga investasi. Tahun ini Agustus 2017  potensi kunjungan ke wahana Festival di Moskow yakni, 91.600 pengunjung meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang sekutar 66.000. Pertemuan kali ini rangkaian persiapan rencana Festival Moskow Agustus 2018 yang akan diikuti pengusaha – pengusaha  dari Indonesia untuk  ke -3 kalinya  kemudian menginformasikan peluang -peluang bisnis yang dibutuhkan oleh Rusia antara lain produk pertanian, buah – buahan. Di bidang pariwisata Rusia juga membutuhkan tenaga -tenaga  terapis spa dan produk- produk spa.

Lebihlanjut Dubes Supriyadi menyampaikan peluang ini harus digarap bersama – sama selain tetap optimis bisa mencari solusi aras kendala penerbangan yang selama ini ada misal dengan kembali melakukan pendekatan persuasif dengan pihak maskapai Garuda, atau solusi bekerja sama dengan maskapai lainnya. Di Rusia tambahnya fasilitas yang dimiliki untuk memaksimalkan promosi produk UKM saat ini yakni, sarana produk diaplay yang private dan bisa disewa bagi UKM. Tujuan yang diharapkan dari sinergi semua pihak terutama pelaku UKM di Bali untuk menyongsony Gestival Moskow 2018 yakni, peningkatan pedagangan, pariwisata, dan investasi sehingga produk – produk UKM Bali makin berdaya saing tinggi di pasar Eropa. Data yang ada menunjukkan ada peningkatan nilai perdagangan 2017 , 33,2 persen dari 2016 sehingga ada  surplus tahun ini. Hal tersebut sejalan dengan ata -data yang disampaikan pihak BI.

Ketua Kadin Denpasar, Wayan Nuga Artana, menyampaikan, pada prinsipnya para pengusaha menyambut positif ajakan dari Bapak  Dubes Rusia dan kita dari sekarang mempersiapkan diri untuk menyambut festival tgl 3 – 5 agustus 2018 sehingga betul – betul matang. Tadi saya sudah minta Bapak Dubes untuk segera mengirimkan staf ahli beliau Prof. Sudaryanto untuk datang ke Bali menyampaikan secara teknis apa – apa saja yang kita akan pamerkan.  Sesampainya pak dubes di Moskow  akan segera menanggil Pak Sudaryanto untuk nempersiapkan diri untuk berangkat ke Bali. Intinya dunia usaha nenyambut positif ajakan pak dubes memperkenalkan Balidi Rusia. Pertemuan Dubes RI untuk Rusia juga dihadiri Ketua Kadin Bali, I Gst Ngurah Alit Wiraputa yang tak kalah mengapresiasi positif kegiatan ini. Beliau bahkan siap memfasilitasi kendala – kenala sebagian UKM untuk menembus pasr Rusia misal berupa surat rekomendasi karena Kadin Bali juga bersinergi dengan Kadin di dunia. Selain itu sebagai tuan rumah yakni BI Denpasar, Bali Bapak  Causa Imam Karana juga mengapresiasi positif upaya memaksimalkan UKM dengan menggarap pasr Rusia. Hadir pula sejumlah ketua asosiasi pengusaha yang ptoaktif dalam perbincangan dengan dubes RI untuk Rusia. (gun)