Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Badung

369
istPROKLAMASI - Bupati Giri Prasta disaat memimpin peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Kabupaten Badung di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sempidi, Kamis (17/8).

Mangupura (Bisnis Bali) – Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kabupaten Badung dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sempidi, Kamis (17/8) kemarin.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Sementara Komandan Upacara, Kapten Infantri Made Suaka. Upacara dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata bersama para wakil ketua dan anggota DPRD Badung, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekkab Badung I Wayan Adi Arnawa beserta pimpinan perangkat daerah di Badung, Legiun Veteran Republik Indonesia Badung, Forum Kerukunan Umat Beragama, pimpinan partai politik, TNI/Polri, pecalang, organisasi masyarakat, ASN Badung serta para pelajar.
Detik-detik proklamasi dimulai tepat pukul 10.00 wita, diawali dengan pembacaan naskah proklamasi 17 Agustus 1945 oleh Ketua DPRD Badung Putu Parwata, dan pembacaan naskah Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung Putu Gede Sridana. Pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Badung dari siswa-siswi SMA dan SMK serta anggota Pondam X/Udayana.

Upacara detik-detik proklamasi RI berlangsung dengan khidmat yang ditandai dengan pengibaran sang saka merah putih oleh pasukan Paskibraka dengan sempurna.
Usai upacara pengibaran bendera merah putih, Bupati Giri Prasta mengungkapkan, peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI ini dapat dijadikan momentum untuk mengamalkan dan mempertahankan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme terhadap empat pilar kebangsaan ini.

Melalui momentum ini, Bupati juga mengajak semua untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air serta menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman. “Mari kita bersama masyarakat Badung, Bali dan Indonesia bekerja bersama, ” pungkasnya.
Setelah peringatan detik-detik Proklamasi, sorenya dilaksanakan aubade dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih. Sebagai rasa syukur, juga dilaksanakan acara syukuran di jaba sisi Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung. (ad 1.696)