Ibu Negara Terpikat dengan Endek Pucuk di Gianyar

106

Gianyar (Bisnis Bali) – Rombongan istri menteri dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) kabinet kerja Jokowi-JK, dipimpin Ibu Negara, Iriana Jokowi dan Ibu Mufidah Jusuf, serta didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika mengunjungi Dekranasda Kabupaten Gianyar, Kamis (10/8).

Kunjungan rombongan Ibu Negara ke Dekranasda Gianyar dilakukan setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Dekranasda Provinsi Bali. Rombongan Ibu Negara beserta OASE disambut ketua Dekranasda Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, di Pabrik Tenun Putri Ayu, Blahbatuh.

Kunjungan ini berkaitan dengan program kerja OASE yang salah satunya memfokuskan pada bidang peningkatan kualitas keluarga yang program kerjanya meliputi Program Ekonomi Keluarga (UKM, meningkatkan keterampilan ibu-ibu dan kerajinan tangan).

Di Pabrik Tenun Putri Ayu, rombongan Ibu Negara menyaksikan secara langsung cara pengerjaan kain tenun serta  melihat produk-produk kain tenun di ruang pameran Putri Ayu. Ketua Dekranasda Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra menjelaskan kepada rombongan bahwa tenun Putri Ayu adalah salah satu binaannya.

Ditambahkannya pula, selain memproduksi endek (kain tenun khas Bali) biasa, Putri Ayu juga didapuk oleh Dekranasda Gianyar memproduksi kain Endek Pucuk yang merupakan kain endek maskot Kabupaten Gianyar. “Keistimewaan endek pucuk maskot Gianyar ini ada pada teknik pembuatannya yang mana merupakan kombinasi dari tenun, songket, dan airbrush,” ucap Ny. Surya Adnyani Mahayastra yang disimak dengan serius oleh rombongan. (kup)