Denpasar (Bisnis Bali) – Industri perbankan terus berupaya mendorong pertumbuhan UMKM dan memperkuat industri kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan bank dengan memberikan ruang dan kesempatan bagi UMKM (nasabah binaan) untuk mengikuti pameran.

Direktur Konsumer PT BRI (Persero) Tbk, Randi Anto, saat ditemui dalam acara BritAma Sanur Village Festival (SVF) di Sanur, Kamis (10/8) kemarin mengatakan, salah satu upaya bank dalam mendorong pertumbuhan UMKM yakni memberikan kesempatan untuk mengikuti pameran tahunan di acara BritAma SVF. Harapannya, produk UMKM yang ditawarkan akan makin dikenal masyarakat dan memiliki semangat untuk lebih maju lagi karena tersedia sarana berjualan serta sebagai ajang promosi.

“Pelaku UMKM merupakan core business (bisnis inti),” katanya.

Untuk itu pula, pihaknya terus mendorong seluruh UMKM binaan di Bali bisa memanfatkan kesempatan ini untuk juga melakukan pemasaran secara ekspor. Itu karena Bali sebagai tujuan wisata dunia yang banyak memerlukan produk berkualitas dan UMKM binaan mampu untuk memenuhi hal tersebut serta bisa melakukan transaksi ekspor. Produk UMKM Bali tidak kalah dengan kualitas produk dari negara dan daerah lainnya.

“Ditambah lagi saat ini sudah bisa melakukan  pemasaran secara online,” ujarnya.

Sementara dari sisi fasilitas pembiayaan, pihaknya mengakui, bank masih terus menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam membantu permodalan guna  pengambangan UMKM itu sendiri.

“Secara nasional nasabah di sektor UMKM sudah mencapai 70 persen dari total nasabah,” ungkapnya.

Ia mengatakan, lebih dari 30 nasabah UMKM unggulan dari berbagai penjuru Bali yang mayoritas sudah beroientasi ekspor dilibatkan ikut dalam even tahunan tersebut. SVF merupakan rangkaian kegiatan yang unik dan peluang yang baik bagi masyarakat setempat untuk menampilkan kebudayaan Pulau Dewata dan industri kreatif kebanggan kepada masyarakat dunia yang berkunjung ke Bali. (dik)