Pariwisata Bergeliat lewat ”Community Base Tourism” 

102
SVF - Pelaksanaan Sanur Village Festival (SVF) dengan penerapan ”community base tourism”.  (kup)

Pengembangan pariwisata Bali didasarkan pada pariwisata budaya. Sejauhmana penerapan community base tourism mampu mengangkat sektor pariwisata Bali?

BRITAMA Sanur Village Festival (SVF) 2017 merupakan salah salah satu festival pariwisata di Denpasar yang diterapkan dengan konsep community base tourism. Pengembangan pariwisata berbasis komunitas ini melibatkan seluruh warga masyarakat Sanur. Ini di bawah koordinasi Yayasan Pembangunan Sanur.
Ketua Umum BritAma Sanur Village Festival yang juga Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Gde Sidharta Putra mengatakan, SVF ini dibingkai tema dasar the new spirit of heritage. Bhinneka Tunggal lka adalah bagian penting sebagai gerakan moral yang patut dan wajib dikumandangkan secara terus-menerus.
Dijelaskannya, SVF ke-12 ini memiliki arti penting karena mengajak warga terlibat dalam suatu gerakan untuk kian menghargai dan memaknai perbedaan melalui berbagai kegiatan kreatif.
“Keterlibatan para pelaku seni budaya dan ekonomi yang menghadirkan aneka sajian dan produk sepanjang perjalanan festival diharapkan terus menggugah gagasan, inovasi, dan kreativitas secara berkelanjutan,” kata Ida Bagus Gde Sidharta Putra atau akrab disapa Gusde.
Menurut Gusde, selama lima hari pelaksanaan festival yang melibatkan ratusan insan kreatif  khususnya masyarakat Sanur. Mereka memberikan andil dalam menggaungkan promosi destinasi wisata Sanur dan Bali secara umum.
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengatakan, Sanur Village Festival (SVF) dengan berbasis community base tourism menjadi contoh pengembangan festival pariwisata di Indonesia. Pariwisata Bali menjadi contoh pengembangan pariwisata di Indonesia. Seperti pengembangan pariwisata Sanur dengan pelaksanaan SVF dijadikan contoh pengembangan festival di kawasan pariwisata lain di Indonesia.
Ia menjelaskan, kelebihan pengembangan pariwisata Sanur berdasarkan community base tourism. Ini menjadi model pengembangan pariwisata berbasis komunitas di kawasan pariwisata lain di Indonesia. “Sanur dan SVF patut menjadi contoh pengembangan pariwisata berbasis komunitas melibat masyarakat Sanur,” ucapnya.
Dipaparkannya, 2017 Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai the best destination. Bali tidak lagi mendapat penghargaan sebagai pulau terbaik. Ini melainkan dalam skup luas Bali mendapatkan penghargaan destinasi terbaik di dunia. Melalui penerapan community base tourism seperti di Sanur, Bali mampu mempertahankan predikat the best destination.(kup)