I Putu Romi Jaya Targetkan Pencapaian LPD dan SDM  

145

Mangupura (Bisnis Bali)- Guna memacu perkembangan LPD kedepannya, berbagai usaha dilakukan mulai dari membuat porgram kerja untuk menarik minat masyarakat hingga meningkatkan kualitas SDM. Hal ini pula yang dilakukan Kepala LPD Padang Luwih,  I Putu Romi Jaya dalam  memimpin LPD yang berada di wilayah Kuta Utara, Badung ini. Salah satu cara yang efektif digunakan untuk meningkatkan laba LPD yaitu, melalui pencapaian target baik dari LPD keseluhuran ataupun dari masing-masing SDM.

Saat ditemui, Kamis (10/8) kemarin, dia mengatakan, dalam operasional LPD Padang Luwih memberikan target pada SDM terutama bagi kolektor hingga bagian kredit. Pencapaian target ini tidak hanya memberikan tanggung jawab pada karyawan, namun penghargaan juga didapatkan oleh karyawan ketika memenuhi pencapaian target. “Hal ini tentunya mampu memotivasi karyawan untuk bekerja, sehingga akan bekerja dengan maksimal. Seperti halnya pada masing-masing kolektor yang kami targetkan  2.550 transaksi terjadi per bulan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pencapaian target juga diberlakukan untuk bagian kredit. Target-target yang dicapai dengan baik ini, tentunya memberikan peningkatan dana yang masuk ke LPD, yang juga berpengaruh pada peningkatan pendapatan LPD. Dengan demikian, kinerja maksimal dari masing-masing LPD untuk meningkatkan kemajuan LPD tidak sia-sia, yang selanjutnya sangat berguna bagi  kesejahteraan masyarakat.

Selain pemberian target pada transaksi dan kredit, target pertumbuhan nasabah setiap bulannya juga diberlakukan. Hal ini, menurutnya, dapat pula dilakukan dengan sistem transparansi oleh LPD, mampu menambah kepercayaan bagi masyarakat untuk menggunakan jasa LPD. “Kepercayaan masyarakat sangatlah penting, ditengah persaingan lembaga keuangan di daerah transisi seperti ini,” katanya.

Dengan demikian, dia mengatakan, meskipun dihadapkan dengan kondisi ekonomi lesu dari tahun lalu, pencapaian LPD Padang Luwih terus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan pencapaian laba pada akhir 2016 mencapai Rp 3,7 miliar serta aset yang mencapai Rp 57 miliar. Tidak hanya itu, pada tahun ini aset juga menunjukan angka yang signifikan, yaitu Rp 61 miliar hingga Juni 2017 dengan laba yang mencapai Rp 1,8 miliar. (wid)