VANILI yang mengeluarkan aroma manis dan enak, selama ini banyak dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada berbagai produk makanan. Namun belakangan banyak produk aroma terapi dan spa yang juga menawarkan aroma vanila.

Selama ini vanili banyak dimanfaatkan untuk industri kuliner. Vanili dengan aromanya yang enak, memberikan cita rasa yang nikmat pada produk kuliner. “Vanili memang identik dengan bahan pembuatan kue. Meski penggunaannya sangat sedikit, bisa menambah cita rasa pada kue yang dibuat,” tutur Veni, penjual bahan pembuat kue.

Banyak produk vanili yang ditawarkan di pasar dengan beragam merek. Vanili yang terbuat dari buah vanili harganya tentu lebih tinggi daripada vanili yang dibuat dengan bentuk ekstra yang memanfaatkan batang dari tanaman vanili (essens vanili) buat pengharum adonan kue. Meskipun vanili diolah dengan berbagai cara yang berbeda sebagai bumbu pelengkap kue, tetap mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengharumkan kue sehingga mampu menggugah selera makan. Vanili juga dapat menghilangkan bau anyir pada susu yang ada pada adonan. Dapat memperlambat proses pembusukan atau basi meskipun disimpan selama 2 hari. Karenanya, belakangan vanili tidak hanya digunakan untuk bahan pembuatan kue, namun juga aneka makanan lainnya seperti es krim, perasa susu dan masih banyak lainnya.

Manfaat lain dari vanili adalah melindungi dari radang tenggorokan bila dikonsumsi, melindungi dari radang usus, menjadi antioksidan alami yang bisa mencegah penuaan dini.  (pur)