Gerak Jalan Sambut HUT RI 142 Regu Tingkat SD Ramaikan Lomba

141
Pemkab Buleleng kembali menyelenggarkan lomba Gerak Jalan 8 Kilometer tingkat SD.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia (RI), Pemkab Buleleng kembali menyelenggarkan lomba gerak jalan 8 kilometer tingkat SD. Lomba yang diselenggarakan di depan Kantor KONI Buleleng ini, dilepas Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., Selasa (8/8) lalu.

Lomba Gerak Jalan 8 Kilometer tingkat SD ini diikuti 142 regu dari SD se-Kabupaten Buleleng. Pelepasan keberangkatan peserta lomba gerak jalan yang dilakukan Wabup Buleleng, Nyoman Sutjidra di depan Kantor KONI ditandai dengan mengibaskan bendera, satu persatu regu peserta meninggalkan garis start untuk menyelesaikan perjalanan rute yang harus ditempuh.

Setelah melewati garis start di Jalan Udayana, para peserta menelusuri Jalan Ngurah Rai, Jalan Pramuka, Jalan Diponogoro, Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, Jalan Sudirman, Jalan A.Yani, Jalan Dewi Sartika Selatan, Jalan Udayana dan berakhir di garis finish di depan Gedung Kesenian Gde Manik, Singaraja.

Dalam sambutan Bupati Buleleng yang dibacakan Wabup Sutjidra mengatakan, lomba gerak jalan merupakan hal yang positif, karena selain berolahraga menjaga kesehatan, di dalamnya terkandung juga rasa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportivitas.

Hal yang terpenting menurutnya adalah upaya membangun mental dan karakter anak-anak  bangsa yang berpekerti dan berbudi luhur, sehingga menjadi harapan masa depan bangsa. “Tema peringatan HUT ke-72 RI kali ini adalah Indonesia kerja bersama yang mempunyai makna sangat mendalam, yakni dalam membangun bangsa dan negara memerlukan dukungan serta kerja sama yang harmonis dari seluruh komponen bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator  Lomba Gerak Jalan HUT RI I, Gusti Lanang Agung Parwata  yang juga wakil ketua KONI Buleleng melaporkan lomba gerak jalan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. “Jumlah peserta yang mengikuti lomba gerak jalan 8 km tingkat SD  tahun ini sebanyak 142 regu, sedangkan tahun lalu diikuti oleh 125 regu. Ini berarti terjadi peningkatan jumlah peserta sebanyak 17 regu, “terangnya.

Adapun total hadiah  yang diperebutkan dalam lomba gerak jalan 8 Km Tingkat SD tahun ini, termasuk dana pembinaan adalah sebesar   Rp 194.000.000. Untuk Juara I memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp 15 juta, juara II memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp 12 juta, juara III memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang  sebesar Rp 10 juta, sementara untuk juara harapan I memperoleh  piagam dan hadiah uang sebesar Rp 8 juta, juara harapan II memperoleh piagam dan hadiah uang sebesar Rp 7 juta, dan untuk juara harapan III memperoleh piagam dan hadiah uang sebesar Rp 6 juta. (ira)