Ekspansi Kredit, BPR Sasar Kawasan Pinggiran

77
BPR - Layanan BPR terhadap para nasabah. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) dihadapkan persaingan dengan kembaga keuangan lainnya. Direktur Utama BPR Gianyar Partasedana, Wayan Nasib, Rabu (9/8) mengatakan, menyikapi adanya persaingan tersebut, BPR berupaya menyasar kawasan pinggiran.

Ia mengungkapkan, strategi mengimbangi persaingan BPR harus menggarap sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama UMKM yang masih berjalan di tengah dampak perlambatan ekonomi.

Ia menjelaskan, keberadaan UMKM yang masih eksis ini tentu banyak disasar perbankan dan lembaga keuangan lainnya. BPR dituntut jeli menggarap pasar UMKM yang belum digarap oleh lembaga keuangan lainnya.

Dipaparkannya, UMKM yang belum digarap tersebut di antara di kawasan pinggiran jauh dari pusat Kota Denpasar. UMKM ini tidak di dalam kota melainkan ke kawasan pinggiran.

Lebih lanjut Wayan Nasib mengatakan, sektor ini dalam kondisi apapun tetap bertahan. Hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspansi kredit.

Ia mencontohkan, saat ini BPR Gianyar menyasar pemukiman di kawasan Buleleng. Ini untuk melakukan ekspansi kredit. Selain Buleleng, pasar di Kabupaten Jembrana juga terbuka lebar untuk ekspansi kredit. (kup)