Tingkatkan Rasa Nasionalisme Pemkot Denpasar Gelar Dialog Kebangsaan  

78
Asisten Administrasi Umum Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya saat penyematan tanda peserta Dialog Kebangsaan di Gedung Sewaka Dharma Lumintang. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Denpasar menggelar Diaolog Kebangsaan, di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, pada Selasa (8/8).

Dialog Kebangsaan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembangunan dan pelaksanaan nilai kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pembauran dan kerukunan di antara umat beragama nilai pancasila, udang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Dialog Kebangsaan bertema ‘’Membangun jati diri dan karakter anak bangsa melalui pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan’’ dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya mewakili Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra. Wali Kota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Eddy Mulya mengatakan, dialog kebangsaan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri kita sebagai warga negara NKRI, yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila, serta meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajiban hingga mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air.

Kelanggengan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara tergantung dari seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini sebagai anak bangsa sangat berperan dalam mengaktualisasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dengan demikian wawasan kebangsaan ini memang harus terus menerus disegarkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan tetap loyal pada bangsa sendiri sambil berusaha keluar dari kesulitan yang kita hadapi saat ini.

Wawasan kebangsaan ini juga perlu dimantapkan serta semangat kebangsaan juga di kembangkan agar tidak mudah diterpa isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. Mengingat Kota Denpasar merupakan bagian kecil dari wilayah NKRI dengan langkah ini dapat tetap mempererat rasa kebangsaan.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Denpasar, I Komang Sugiarta didampingi Ketua Panitia Made Arka menjelaskan, kegiatan ini juga bermaksud untuk lebih menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme serta pembauran antara etnis di kalangan masyarakat Kota Denpasar, sehingga tetap terjaga kerukunan diantara umat beragam dalam aspek pembauran.

Dialog Kebangsaan ini melibatkan 300 orang peserta dari tokoh masyarakat, agama, etnis dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah.  Memberikan semangat kepada para peserta pihaknya mendatangkan narasumber yang berpengalaman yakni, Sekretaris Jenderal UKP-PIP Mayjen (Purna Wirawan) Wisnu Bawa Tanaya dan Pejabat PTP Kemenhan RI Provinsi Bali Kolonel Infantri Ketut Budi Astawa, Sos, M.Si. (sta)