Gandeng KKN Unud dan OJK BPR Padma Gelar Edukasi di Desa Buahan  

200
Rangkaian kegiatan edukasi dan literasi BPR Padma bersama OJK serta bekerjasama dengan KKN PPM XV Universitas Udayana Denpasar di Desa Buahan Payangan Gianyar. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Menindaklanjuti program dari POJK, PT BPR Padma bekerja sama dengan KKN Universitas Udayana (Unud) mengadakan edukasi dan literasi perbankan. Hal ini sesuai dengan POJK No. 76/POJK.07/2016, tentang peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan masyarakat.

BPR Padma sebagai lembaga keuangan mampu memberikan informasi secara menyeluruh dan mampu memberikan pemahaman untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan lembaga keuangan perbankan. Edukasi dan literasi bersama OJK sekaligus bekerja sama dengan KKN PPM XV Universitas Udayana  Denpasar dengan mengambil tema edukasi  “Melalui Edukasi Meningkatkan Literasi Keuangan untuk Memilih dan Memanfaatkan Produk Jasa Keuangan” kepada masyarakat Desa Buahan, Payangan, Gianyar.

Melalui kegiatan edukasi dan literasi keuangan, diharapkan masyarakat memahami apa itu bank. Hal ini bisa mengatur keuangan keluarga secara bijak, dan merasa tergerak memulai menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung sebagai simpanan masa depan atau biaya anak-anak sekolah serta mempunyai slogan “pakailah uang sesuai kebutuhan bukan keinginan”.

Dalam pelaksanaan edukasi  dan literasi ini, PT BPR Padma ikut mendorong serta meningkatkan peran sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan meningkatkan pemahaman melalui edukasi dan literasi, peran BPR untuk memberikan jasa pelayanan yang berkualitas dan baik dapat terwujud dan terarah sesuai dengan aturan yang berlaku. PT BPR Padma selalu meningkatkan peran sertanya dalam bidang perekonomian. Salah satunya berperan dalam membantu peningkatan roda perekonomian Bali khususnya pada sektor UMKM yang sedang di tumbuhkembangkan oleh pemerintah dengan bentuk kerja sama menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dengan memberikan peningkatan pemahaman tersebut, masyarakat akan lebih memahami dan mengerti bagaimana memanfaatkan produk jasa keuangan yang ada, yang saat ini diselenggarakan di Desa Buahan, Payangan Gianyar.

Peran edukasi dan literasi ini, dapat mampu untuk menurunkan tingkat keresahan masyarakat dalam memilih produk investasi yang ditawarkan, karena sering terjadi tawaran investasi bodong yang sangat meresahkan masyarakat. Pada kesempatan ini pula sudah dipaparkan penjelasan tata cara investasi yang baik oleh pembicara Japarmen Manulu dan jajaran dari Kantor OJK Regional 8 Bali-Nusra.

Dalam pelaksanaan program ini, PT BPR Padma sudah merencanakan kegiatan edukasi & literasi nantinya menggandeng seluruh perguruan tinggi, sekolah-sekolah di Bali dengan bentuk kerja sama MoU, sehingga senantiasa program ini bisa berjalan berkesinambungan.

PT BPR Padma merupakan salah satu BPR yang dipercaya ikut melaksanakan program pemerintah yaitu penyaluran KUR, yang berorientasi kepada masyarakat menengah ke bawah untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki taraf hidup yang baik dan sejahtera. Ini juga untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda lokal yang bisa menggerakkan roda perekonomian daerah. Hal ini menjadi komitmen bersama seluruh stakeholder dalam memberikan pelayanan dalam usaha meningkatkan perannya mendorong perekonomian.

Kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh BPR Padma sebagai momentum yang baik untuk lebih mendekatkan diri kepada seluruh nasabah dan calon nasabah.

Mereka diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai lembaga keuangan khususnya perbankan melalui edukasi dan literasi.

Dalam kesempatan ini, pemegang saham sekaligus komisaris PT BPR Padma, Putu Gede Budiada, S.E., direksi dan karyawan BPR Padma menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Japarmen Manalu dan jajaran dari Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali-Nusra, Kepala Desa Buahan Payangan  I Wayan Mudiarta beserta perangkat desa dan jajarannya, dan Ketua KKN PPM XV Universitas Udayana, Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, S.T.,M.Sc., yang sudah memberikan kesempatan terselenggaranya program edukasi & literasi ini. BPR Padma berharap dalam program-program berikutnya bisa berjalan berkelanjutan. BPR Padma bisa memberikan pelayanan yang lebih baik di masa yang akan datang. Sesuai dengan tagline PT BPR Padma “Tumbuh Berkembang Bersama”, PT BPR Padma berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi terbaiknya untuk pembangunan perekonomian masyarakat Bali khususnya. (ad1.646)