Bank Sampah, Solusi Lingkungan Bersih dari LPD    

382
Pemberian hadiah langsung pada perayaan HUT LPD Ketewel kepada masyarakat yang rajin menabung di Bank Sampah. (wid)

Gianyar (Bisnis Bali)- Keberadaan Bank Sampah di LPD Ketewel mampu memotivasi masyarakat, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Selain itu, Bank Sampah juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat,  dengan pengumpulan sampah plastik, mampu memberikan kepemilikan tabungan bagi masyarakat, yang hingga 1 Juni 2017, total tabungan Bank Sampah di LPD Ketewel telah mencapai Rp 32 juta.

Kepala LPD Ketewel, I Ketut Wardika, Jumat (4/8) kemarin, menjelaskan, program Bank Sampah merupakan program membeli sampah dari masyarakat, khususnya sampah plastik dan kertas yang bisa didaur ulang. Pembelian sampah ini, dikatakannya, bisa langsung ditabung dan dikumpulkan yang sewaktu-waktu bisa ditarik oleh masyarakat. Nasabah dari Bank Sampah yang kebanyakan ibu-ibu PKK ini mampu memberikan laba bagi LPD yang pada akhir Desember lalu perolehan laba mencapai Rp 1 juta.

“Program ini tentunya mampu mengedukasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Apalagi ditambah dengan rajin mengumpulkan sampah, bisa memiliki tabungan yang tidak dirasa sewaktu-waktu bisa menjadi besar,” katanya.

Dijelaskannya, sampah-sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat ditampung dalam gudang penampungan, yang nantinya sampah dipilah dan dibawa ke pengepul sampah yang telah bekerja sama dengan LPD Ketewel selama ini. Demikian juga dijelaskannya atas saran Bendesa Adat setempat, kerja sama pengelolaan sampah juga akan dilakukan kedepannya yang bekerja sama dengan yayasan terkait untuk memanfaatkan sampah menjadi produk yang menarik.

Dia menambahkan, atas kerja sama masyarakat selama ini untuk mendukung program ini, pihak LPD Ketewel juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dengan memberikan hadiah langsung kepada pemilik tabungan Bank Sampah. Penyerahan hadiah langsung tersebut dilakukan pada malam perayaan HUT LPD Ketewel beberapa waktu lalu.

Keberadaan Bank Sampah ini juga mendapat apresiasi dari Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si. Dia mengatakan, dengan keberadaan Bank Sampah ini mampu menjadikan berkah bagi masyarakat. “Jika dimanfaatkan dengan baik sampah pun akan menjadi hal yang sangat membantu kehidupan masyarakat,” katanya.(wid)