Denpasar (Bisnis Bali) –  Wire jewelry kini menjadi tren terbaru dalam dunia aksesori kaum wanita, karena perhiasan ini berbahan kawat yang unik dan eksklusif. Bahkan, pasarnya sangat besar terutama untuk pasar ekspor. Mengingat di luar negeri produk handmade (buatan tangan terampil) mempunyai nilai jual yang tinggi.

Hal itu diungkapkan owner D’signer Corner by Artfuli, Fajar Putra, di Denpasar.

“Pembuatan perhiasan dari kawat (wire jewelry), bisa menggunakan kawat tembaga atau kawat perak/emas yang dipadu dengan batu druzy atau batu lain untuk dijadikan perhiasan yang sangat cantik,” ujarnya.

Lanjutnya, wire jewelry ini selain bisa untuk koleksi pribadi juga bisa untuk bisnis sehingga bisa menjadi side income, terutama kaum hawa yang punya potensi untuk melakukan bisnis jewelry. ‘’Kaum hawa biasanya punya kendala, apabila membuat perhiasan yang prosesnya melalui pembakaran/api karena diperlukan keterampilan. Tetapi dengan wire jewelry, pembuatan perhiasan dari kawat bisa tanpa menggunakan api sama sekali,” ungkapnya.

Pihaknya mempunyai misi untuk meningkatkan kreativitas dan penjualan (terutama untuk ekspor) baik UKM maupun personal dan mendukung bertumbuhnya designer-designer jewelry baru.

‘’Terkadang para UMKM bisa membuat saja produk, tapi bingung mau dipasarkan ke mana. Inilah yang kami bantu seperti dengan pameran di luar negeri dan bisa terus menggalakkan dunia UMKM, khususnya di Bali,” jelasnya.

Selain dukungan untuk produk-produk buatan tangan, lanjut Fajar Putra, D’signer Corner juga memiliki perusahaan produksi sendiri yang diberi nama Artfuli Manufacturer. “Di sini orang datang hanya punya ide bisa kami tuangkan dengan software komputer lalu di print 3 dimensi, setelah itu proses moulding dan cetak dengan bahan logam bisa emas, perak, kuningan, tembaga, perunggu tidak masalah. Dan kami juga bisa mengkombinasikannya dengan produk handmade,” paparnya seraya menambahkan, Artfuli Manufacturer juga menyediakan jasa laser logam dan non logam, kemudian XRF Analyzer untuk tes kadar emas, perak, platinum dan palladium, semua tanpa minimum order.

Lebih jauh, D’signer Corner yang berlokasi di Renon Plaza ini juga akan dijadikan tempat nongkrong dan diskusi terkait desain produk-produk yang diinginkan konsumen seperti diskusi mengenai desain jewellry, custom design, cincin pernikahan,  dan non jewelry, sehingga komunikasi bisa berjalan baik terkait budget konsumen namun tetap dengan kualitas terbaik. (aya)