Koperasi Berprestasi Diberikan Penghargaan

136
PENGHARGAAN – Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menyerahkan penghargaan kepada 16 pengelola koperasi berprestasi di Kota Denpasar.

Denpasar (Bisnis Bali) – Peringatan Hari Koperasi ke-70 telah dilaksanakan dari pusat sampai ke daerah. Untuk itu, Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kota Denpasar berserta gerakan koperasi bersama dengan Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar memperingati Harkopnas dengan memberikan penghargaan kepada 16 koperasi berprestasi di Kota Denpasar, Minggu (30/7) di Lapangan Parkir Taman Kota Lumintang.

Penghargaan koperasi berprestasi ini diserahkan langsung Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, Kadis Koperasi UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena S.E.,M.Si, dan Ketua Dekopinda Kota Denpasar, I Wayan Mudana, S.E.

Peringatan HUT Koperasi ke-70 tahun ini merupakan sebuah bentuk perjuangan dan pendewasaan koperasi di dalam membangun perekonomian di Indonesia. Jika ke depan koperasi ini makin kuat serta bisa berkelanjutan dan juga berkembang dengan baik, maka pilar-pilar perekonomian kerakyatan itu akan lebih mudah untuk dikembangkan.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutannya mengatakan, koperasi-koperasi ini merupakan simbol-simbol dari kekuatan masyarakat dan peran pemerintah untuk melihat sebuah pemerataan ekonomi di masyarakat. Artinya, koperasi harus bisa bertahan serta berkembang dikarenakan di dalam era globalisasi ini tantangan akan ekonomi kerakyatan akan makin berat. ”Gerakan koperasi jangan takut menghadapi persaingan yang kompetitif di era global saat ini. Untuk itu hilangkanlah rasa takut di dalam persaingan dengan mempersiapkan diri masing-masing dengan salah satu cara, persiapkanlah kompetensi secara baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, kompetensi ini janganlah dianggap sekadar untuk memenuhi persyaratan, dikarenakan standar kompetensi ini gunanya untuk menjamin pertumbuhan dan kualitas dari pada usaha yang dijalankan. Sebab seseorang yang memiliki kompetensi, sudah mengerti akan standardisasi dari apa yang harus dikerjakan. Ini merupakan salah satu strategi penguatan pada koperasi dan pengembangan koperasi ke depannya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Denpasar, I Wayan Mudana, S.E., menjelaskan, peringatan HUT Koperasi ke-70 ini di Denpasar dilaksanakan memupuk rasa kebersamaan, solidaritas di antara gerakan koperasi, serta mensosialisasikan dan menggerakkan potensi perekonomian rakyat khususnya di Denpasar. Selain untuk menanamkan nilai kebersamaan, kesetiakawanan, kejujuran dan rasa saling memiliki di dalam bidang ekonomi. Untuk memasyarakatkan potensi organisasi dan daya dukung koperasi yang berkemampuan dalam menyediakan kesempatan kerja serta kesempatan berusaha. Selain itu dalam peringatan hari jadi koperasi ini, diserahkan penghargaan kepada 16 koperasi berprestasi di Denpasar, dibagi menjadi empat jenis yakni, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi jasa dan koperasi jenis simpan pinjam. (sta)