Buka Lomba  “Pleci” Bupati Suwirta Berjanji Fasilitasi Para Pecinta Burung

64
Bupati Suwitra membuka lomba kicau burung pleci ditandai dengan pelepasan puluhan burung.  (humas)

Semarapura (Bisnis Bali) – Kicuan ratusan burung jenis pleci meramaikan areal parkir Pura Jagatnatha dan taman seputar Monumen Puputan Klungkung, minggu (30/7). Ratusan burung ini terkumpul pada ajang lomba Kicau Burung Pleci dalam rangka peluncuran dan peresmian Komunitas Pleci Mania Indonesia (PCMI) Wilayah Klungkung.

Lomba dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua PCMI Klungkung, Tjok Surya, yang ditandai dengan penggantungan burung dan pelepasan puluhan burung ke alam bebas. Ajang ini diikuti oleh 500-an peserta yang berasal dari seluruh  Bali dan bahkan ada sejumlah peserta berasal dari Pulau Jawa.

Ketua PCMI Klungkung, Tjok Surya mengatakan, lomba ini digelar sebagai wadah silaturahmi para pecinta burung pleci sekaligus sebagai peresmian  Komunitas Pleci Mania Indonesia (PCMI) untuk wilayah Klungkung.

Lomba digelar selama sehari dengan mendatangkan tim juri yang terdiri dari 4 juri, 1 korlap, 1 asisten korlap dan 1 timer, berasal dari Jawa. Kelas yang diperlombakan berjumlah 15 kelas dengan kriteria penilaian yaitu durasi suara, volume, irama serta gaya. Jenis pleci yang ikut berlomba yaitu pleci dada kuning, dada putih montamus, serta pleci Sumatra. Penilaian dilakukan secara global dan seimbang, para pemenang akan memperoleh hadiah berupa uang, piagam serta piala.

Pada kesempatan inu, Ketua PCMI Klungkung, Tjok Surya,  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung yang telah mendukung kelangsungan acara tersebut yang  ke depan juga akan dilaksanakan lomba secara rutin. “Kami juga berharap akan dibuatkan tempat berkumpul para pecinta burung di sekitar Kota Semarapura,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Suwirta dalam pidatonya menyampaikan, semoga kedepan akan lebih sering digelar even-even serupa yang dapat mengundang banyak peserta hingga dari luar Bali, sehingga Klungkung akan makin dikenal luas. “ Sejalan dengan akan dilakukannya penataan besar besaran pada lapangan Puputan Klungkung pada tahun 2018, Pemkab akan memfasilitasi para pecinta burung supaya bisa memamerkan koleksinya,” ungkapnya yang mendapat sambutan meriah. (wid)