Rangkaian HUT Ke-24, BPR Sari Jaya Sedana Edukasi Siswa TK dan SD Dawan Klungkung

29
EDUKASI – Kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang dilaksanakan  BPR Sari Jaya Sedana kepada siswa TK dan SD kelas 1 sampai kelas 3 yang ada wilayah Kecamatan Dawan. (kup)

Semarapura (Bisnis Bali) – Setelah sehari sebelumnya, Kamis (13/7)  bergabung bersama DPK Perbarindo Bali Timur mengadakan edukasi literasi di SMA 1 Dawan, BPR Sari Jaya Sedana, Jumat (14/7) kembali melaksanakan edukasi literasi kepada anak-anak TK dan SD kelas 1 sampai kelas 3 yang ada wilayah Kecamatan Dawan.

Direktur Utama BPR Sari Jaya Sedana, IDGM Darmawijaya mengatakan, model edukasi literasi keuangan kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. BPR Sari Jaya Sedana mengedukasi anak-anak TK dan SD melalui lomba mewarnai dan menggambar. Acara edukasi dan literasi keuangan ini melibatkan UPT Disdikpora Kecamatan Dawan Klungkung.
Ia menjelaskan, lomba mewarnai ditujukan untuk anak-anak TK dan SD kelas 1 dan 2, sedangkan anak SD kelas 3 diikutkan dalam lomba menggambar. Lomba mewarnai maupun menggambar mengambil tema mengenal BPR. Tujuan edukasi dan literasi keuangan ini antara lain untuk mengenalkan lembaga keuangan khususnya bank perkreditan rakyat (BPR) sejak usia dini.

IDGM Darmawijaya yang juga Ketua DPK Perbarindo Bali Timur mengungkapkan, kegiatan literasi edukasi ini adalah merupakan amanat dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 1 POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran OJK Nomor/1/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan Kepada Konsumen (masyarakat).
Lebih lanjut dikatakannya, materi yang diberikan adalah mewarnai dan menggambar dengan tema mengenal bank (BPR) diikuti 84 peserta siswa dan diikuti 38 orang guru pendamping masing-masing sekolah.

Lomba Mewarnai tingkat TK diikuti 15 siswa, lomba mewarnai tingkat SD kelas 1 dan 2 diikuti  46 siswa. Lomba menggambar tingkat SD kelas 3 diikuti 23 siswa.

Ia menegaskan, sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan edukasi ini siswa TK dan SD dapat mengenal BPR sebagai bank tempat menabung yang aman dan dijamin oleh pemerintah. Hal ini juga untuk membudayakan siswa menabung dan mengelola keuangan sejak usia dini melalui simpanan pelajar (simpel ). Media edukasi dan literasi keuangan juga untuk mencari bibit dan mengembangkan bakat menggambar bagi anak-anak yang berbakat dalam bidang seni lukis.
Lomba mewarnai dan menggambar ini merupakan kelanjutan dari acara edukasi literasi tingkat SLTA yang dilaksanakan sebelumnya di SMA 1 Dawan bersama DPK Perbarindo Bali Timur. Lomba melibatkan siswa TK dan SD ini  dilaksanakan khusus dalam rangkaian HUT ke-24 BPR Sari Jaya Sedana (18/8) mendatang.
IDGM Darmawijaya menambahkan, kegiatan edukasi literasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat termasuk kepada generasi muda, anak-anak usia sekolah TK dan SD. Mereka diharapkan dapat mengerti pentingnya mengelola keuangan sejak masih kecil. (ad1.312)

BAGIKAN