Pengelolaan Koperasi harus Berbasis TI

24

Denpasar (Bisnis Bali) –Manajemen koperasi sangat menentukan maju dan mundurnya unit usaha yang dikelola pengurus. Manajemen koperasi yang profesional, sangat penting dan strategis bagi gerakan koperasi untuk melaksanakan modernisasi manajemen. Demikian diungkapkan Kabid Bina Kelembagaan Koperasi (BLK) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra, S.E., M.M., Minggu (16/7).

Ia menambahkan, untuk bisa berkembang dengan baik, pengelolaan koperasi harus berbasis teknologi informasi (TI), sehingga pengurus mampu mengelola unit usaha koperasi secara korporasi.

Menurut Gede Indra, seluruh gerakan koperasi saat ini sedang mensyukuri perjalanan koperasi yang sudah 70 tahun. Banyak suka dan duka dan pengalaman yang didapatkan, sehingga tiap tahunnya wajib bersyukur sekaligus evaluasi pembenahan. Apa yang sudah dilaksanakan selama berdirinya koperasi yang dikelola, selama itu juga dijadikan pengalaman yang berharga. Dari pengalaman langsung, maka dapat dilaksanakan pembenahan tata kelola yang lebih profesional.

”Momen peringatan Harkop ke-70 kali ini, diharapkan semua gerakan koperasi untuk merenungi apa yang sudah dilaksanakan selama berdirinya koperasi masing-masing. Lakukan pembenahan menuju koperasi lebih berkembang, lebih maju sampai mampu mandiri. Artinya, koperasi yang dikelola pengurus mampu memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan anggota selaku pemilik koperasi,” katanya. (sta)

BAGIKAN