Kebun Raya Gianyar Jadi Daya Tarik Wisata Baru

47
DAYA TARIK – Kebun raya di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, yang menjadi daya tarik wisata baru di Gianyar. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemkab Gianyar telah mengembangkan Kebun Raya Gianyar, di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan. Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma, Minggu (16/7) mengatakan, pengembangan kebun raya baru ini akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berlibur ke Bali.

Ia mengungkapkan, wisman baik dari pasar leasure maupun pasar MICE ingin menikmati wisata alam di Bali. Dengan adanya wisata alam baru ini, menambah keanekaragaman daya tarik wisata Bali.

Menurut Surakusuma, pengembangan dan pembukaan Kebun Raya Gianyar menambah koleksi kebun raya di Indonesia. Kebun Raya Gianyar disebutkan sebagai kebun raya ke-30 di Indonesia.

Dipaparkannya, kebun raya yang berada di lahan seluas 10 ha milik Desa Adat Kerta tentunya memiliki koleksi tanaman yang berbeda dengan Kebun Raya Bedugul. Kebun Raya Gianyar yang memiliki koleksi tanaman untuk bahan upacara, dan tanaman obat memiliki nilai jual tersendiri.

Lebih lanjut dikatakannya, wisatawan dapat menyaksikan upaya masyarakat Gianyar dan masyarakat Bali  dalam melestarikan lingkungan. Hal ini mulai dari kegiatan pembibitan, pemeliharaan tumbuhan dengan baik. Wisatawan bisa juga bisa mengelilingi kawasan konservasi kebun raya Gianyar.

Menurutnya, pariwisata Bali mengedepankan pariwisata budaya. Salah satu budaya yang dimiliki Bali dari sisi pengobatan (usadha) menggunakan tanaman-tanaman yang tumbuh di alam. Tanaman obat dan tanaman bahan upacara yang dilestarikan Kebun Raya Gianyar bisa menceritakan sejarah Bali.  (kup)

BAGIKAN