KETUA Kelompok Tani Mertanadi, Desa Pelaga, I Wayan Supariyasa memaparkan kelompok tani saat ini memilih budi daya cabai besar menjadi salah satu komoditas yang prospektif atau menjanjikan untuk dikembangkan karena banyak dibutuhkan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional. Setiap harinya permintaan akan cabai, makin bertambah.

Potensi bisnis cabai yang cukup menguntungkan, menarik minat para petani di daerah Pelaga untuk membudidayakan sayuran ini.

Tanaman cabai cocok ditanam di daerah yang disinari matahari 10-12 jam per hari, dan cocok tumbuh di tanah lempung berpasir yang banyak mengandung unsur hara, serta memiliki pH antara 6 sampai 7.

Untuk memulai budi daya terlebih dahulu lakukan pengolahan tanah, digemburkan kemungkinan diberikan pupuk kandang. Sementara itu semaikan bibit arah persemaian menghadap ke timur dengan naungan atap plastik atau rumbia. Media tumbuh dari campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos yang telah disaring, perbandingan 3 : 1. Media dimasukkan polibag bibit ukuran 4 x 6 cm. Biji cabai diletakkan satu per satu tiap polibag, lalu ditutup selapis tanah dan pupuk kandang matang yang telah disaring. Penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi atau sore hari untuk menjaga kelembaban

Pilih bibit seragam, sehat, kuat dan tumbuh mulus. Bibit memiliki 5-6 helai daun (umur 21-30 hari) untuk ditanam di lahan. Waktu tanam pagi atau sore hari, bila panas terik ditunda. Plastik polibag dilepas, setelah penanaman selesai, tanaman langsung disiram. (pur)

BAGIKAN