Denpasar (Bisnis Bali) – PKK Kota Denpasar kembali meraih penghargaan tertinggi tingkat nasional dalam melaksanakan 10 program pokok PKK 2016 melalui Lingkungan Bersih dan Sehatan yang diwakili Kelurahan Sesetan berhasil meratih Pakarti Utama I tingkat nasional. Kini giliran Kelurahan Penatih mengantarkan Kota Denpasar melalui PKK berhasil meraih penghargaan Pakarti Utama I melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ini tidak terlepas dari komitmen Ketua Tim Peggerak PKK Kota Denpasar, Ny. IA Selly D. Mantra bersama Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Iswara beserta seluruh pengurus serta kader maupun masyarakat yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap semua program PKK di Kota Denpasar.

“Selain dukungan dari semua pihak penghargaan ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar yang selalu memberikan dukungan penuh melalui instansi terkait dalam melaksankan program-progam PKK,” ujar Ny. Antari Jaya Negara, usai menerima penghargaan dari Ketua Umum PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, di Lampung baru-baru ini saat peringatan Hari Keluarga Nasional ke-24 yang juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mewakili Presiden RI.

Di samping itu, dalam melaksanakan tiap program PKK termasuk PHBS menurut Ny. Antari Jaya Negara, di Kelurahan Penatih juga menggandeng pihak swasta dalam hal ini PT Astra Internasional Daihatsu Cabang Cokroaminoto dan Rotary Club. Ini membuktikan PKK Kota Denpasar dalam melaksanakan program-programnya mampu melibatkan tiga unsur penting dalam pembangunan yaitu pemerintah, masyarakat dan swata. Ini yang telah mengantarkan PKK Kota Denpasar meraih penghargaan tertinggi tingkat nasional.

Lebih lanjut Antari Jaya Negara berharap melalui penghargaan Pakarti Utama I tingkat nasional yang kedua kalinya ini diharapkan dapat memotivasi kader-kader PKK di desa dan kelurahan lain di Kota Denpasar untuk terus berkerja keras untuk mewujudkan masyarakat sejahtera melalui program PKK.

Di samping meraih penghargaan Pakarti Utama I, Kota Denpasar juga meraih penghargaan Bina Keluarga Balita (BKB) kedua tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para kader BKB desa/kelurahan serta pembinaan yang rutin dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlingungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Demikian disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB, I Gusti Agung Laksmi Dharmyanti, yang juga hadir saat puncak hari keluarga tersebut.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani yang menghadiri Puncak Hari Keluarga Nasional  mewakili Presiden RI mengatakan, pembangunan yang dilaksanakan sekarang ini bukan hanya infrastruktur semata malainkan juga membangun sumber daya manusia. Sumber daya manusia dimulai dari keluarga mulai dari anak-anaknya sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa. Untuk itu, keluarga memiliki peran sangat penting dalam pembangunan ini, sehingga sangat tepat peringatan hari keluarga sebagai momentom meningkatkan sumber daya manusia. (sta)

BAGIKAN