Naik, Kontribusi Koperasi terhadap Perekonomian

22

‎Denpasar (Bisnis Bali) – Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang digelar di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7) dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menteri Koperasi dan UKM RI, AAGN Puspayoga dan pejabat tinggi lainnya.

“Pada momen penting bagi koperasi di Indonesia, dapat dijadikan ajang menambah semangat memajukan koperasi. Apalagi dalam perkembangan dunia teknologi dan diberlakukannya pasar bebas, ‎sumber daya manusia (SDM) koperasi terus ditingkatkan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., Kamis (13/7) mengutip sambutan Presiden RI, Joko Widodo saat membuka Harkopnas ke-70 di Makassar.

Dewa Patra menjelaskan, Presiden RI mengakui hasil peningkatan kontribusi koperasi selama dua setengah tahun ini naik sampai dua kali lipat. Jumlah terhadap perolehan perekonomia‎n negara sampai 3,9 persen. Tetapi jika dibandingkan dengan negara lain, di mana kontribusi koperasinya terhadap perekonomian negaranya seperti di Prancis yaitu 18 persen, di Belanda kontribusinya 18 persen dan di Selandia Baru kontribusinya sampai 20 persen.

”‎Sekali lagi di negara kita baru 3,9 persen, padahal kita setiap tahun selalu berteriak untuk menggerakkan koperasi sebagai soko guru perekonomian negara kita.‎ Inilah pekerjaan besar kita.  Agar kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional itu meningkat secara drastis. Saya melihat banyak koperasi yang baik yang bisa dijadikan model, yang bisa dijadikan contoh. Misalnya KUD Denbatas di Tabanan, Koperasi Kredit Credit Union Mandiri, Koperasi Kospin Jasa. Perputaran volume usahanya sudah Rp 5 triliun. Kemudian koperasi Sidogiri di Jawa Timur perputarannya sudah Rp 18 triliun sampai saat ini. Ini koperasi, ada contoh-contoh yang bisa kita lihat,” kata Patra mengutip sambutan Jokowi.

Presiden juga berharap kepada kementerian, dinas dan organisasi koperasi agar contoh-contoh seperti yang harus direplikasikan ditiru kepada koperasi-koperasi yang lain, agar dapat mencapai omzet yang tinggi dan mampu mencapai perputaran uang yang tinggi juga.  (sta)

BAGIKAN