Pemkab Gianyar ’’Nganyarin’’ di Pura Mandhara Giri Semeru Agung

25

Gianyar (Bisnis Bali) –
Serangkaian Upacara Pujawali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Pemkab Gianyar melaksanakan Upacara Nganyarin, Selasa (11/7).

Prosesi Penganyaran dimulai pagi pukul 08.00 Wib dengan sarana Bebangkit Pekeleman dan dipuput Ida Pedanda Made Mas Dwija Putra Gria Taman Sari Baturiti, Tabanan. Usai prosesi dengan beberapa tarian sakral dilanjutkan dengan persembahyangan bersama diikuti ratusan pegawai Pemkab Gianyar, para camat, dan para kepala OPD Pemkab Gianyar.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Gianyar, Ngakan Ketut Jati Ambarsika, mengatakan, Upacara Nganyarin ini tiap tahun memang rutin dilaksanakan oleh Pemkab Gianyar yang dilaksanakan secara bergilir selama pelaksanaan piodalan oleh kabupaten/kota di Bali dan Jawa. Prosesi Upacara Nganyarin kali ini dilaksanakan dengan diiringi berbagai tarian wali, seperti Rejang Dewa, Topeng Sidakarya, hingga Wayang Lemah. Pada kesempatan tersebut, Pemkab Gianyar juga menyerahkan sejumlah punia yang diterima panitia pura. (kup)

BAGIKAN