Naik Daun Bibit Jambu Jamaika Diburu

651

JAMBU Jamaika saat ini sedang naik daun dan banyak peminatnya, sehingga permintaan bibit jambu Jamaika mengalami peningkatan. Ketut Kerti, pemilik stan Palasari Green di bilangan Jalan Hayam Wuruk, Denpasar menuturkan permintaan bibit  jambu Jamaika terus mengalami peningkatan.

Ketut Kerti yang khusus menjual bibit tanaman buah langka ini memaparkan, bibit jambu Jamaika khususnya jenis black Jamaika paling banyak peminatnya. “Jenis jambu black Jamaika ini berbeda dari jambu bol yang dikenal masyarakat. Namun diakui memang masih satu famili, hanya memiliki keunggulan rasanya yang manis,” tuturnya.

Jambu black Jamaika ini memang sedang populer saat ini dengan keistimewaan pada bentuk dan rasanya yang enak dan menggugah selera. Buah jambu jamaika yang sudah masak bisa mencapai ukuran sebesar genggaman tangan orang dewasa. “Melihat ukurannya yang besar dan warnanya yang merah kehitaman sangat menarik sehingga orang tertarik untuk mencoba,” ucapnya.

Jambu black Jamaika sangat enak bila dimakan dalam keadaan masak. “Orang yang pertama kali mencicipi enaknya jambu jamaika pastinya akan ketagihan karena memang rasanya nikmat dan daging buahnya sangat manis,” katanya. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air.

Pohon jambu Jamaika berukuran sedang, tanaman buah ini mampu tumbuh hingga sekitar 15 meter dengan diameter batang antara 20-45 cm, bercabang rendah dan berdaun rimbun. “Jambu ini lebih cocok di tanam di daerah panas dengan sinar matahari yang cukup. Kalau di daerah dingin, jambu Jamaika jarang berbuah,” tukasnya. Kalau ditanam di daerah panas jambu Jamaika dapat berbuah sepanjang tahun. (pur)

BAGIKAN