Bupati Serahkan Hibah Rp5 M dan 8 Baleganjur di Desa Adat Sangeh

54
ist HIBAH - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Senin (10/7).

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah Rp 5 miliar dan 8 barung gamelan baleganjur di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Senin (10/7) lalu.
Dana hibah Rp5 M tersebut untuk mendukung pembangunan di Desa Adat Sangeh termasuk di banjar-banjar se-Desa Sangeh. Sementara baleganjur diberikan kepada sekeha teruna masing-masing banjar di Sangeh. Acara tersebut dihadiri anggota DPRD Badung IB Made Sunarta, Camat Abiansemal I Gst Ngr Suryajaya bersama Tripika Abiansemal, Kabag Humas Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Wakil Ketua DPC PDIP Badung Bagus Sucipta, Perbekel Sangeh serta tokoh masyarakat.
Bupati Giri Prasta menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dengan lima skala prioritas pembangunan yang meliputi pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama dan budaya, serta pariwisata. Penyerahan hibah untuk mendukung pembangunan pura, balai banjar dan baleganjur ini sebagai bentuk implementasi skala prioritas pembangunan yang keempat yakni pelestarian dan pengembangan seni, adat, agama dan budaya.

Bupati menjelaskan, Pemkab Badung telah mengambil kebijakan di bidang seni budaya di antaranya akan menuntaskan pembangunan pura khayangan tiga desa adat termasuk pura paibon. Selain itu mulai tahun 2018 sumber daya manusia di pura khayangan tiga yakni pemangku akan diberikan gaji. Sekeha-sekeha seperti sekeha gong, sekeha santhi, sanggar tari/tabuh serta sekaa teruna akan di-support oleh Pemkab Badung. Bupati mengharapkan, krama Desa Adat Sangeh dapat meningkatkan rasa manyama braya, saling asah, asih, asuh, saluwung luwung, sabayantaka serta rasa persatuan dan kesatuan krama. Bupati juga mengajak krama untuk mendukung program-program yang dilaksanakan Pemkab Badung yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat badung.
Bendesa Adat Sangeh Ida Bagus Dwipayana, atas nama krama Desa Adat Sangeh menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang diberikan Bupati Badung yang difasilitasi oleh DPRD Badung. Diharapkan pula krama Desa Adat Sangeh dapat mendukung program Pemkab Badung sehingga pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik. (ad 1283)

BAGIKAN