BAWANG berlian atau bawang dayak memiliki khasiat dahsyat dalam pengobatan aneka penyakit. Namun si umbi ajaib yang selama ini dianggap gulma ini belum banyak dikenal masyarakat terkait keampuhannya.

“Bawang berlian dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan bawang merah, hanya ukurannya yang sedikit lebih kecil,” terang praktisi ramuan Herbal Taru Pramana, Nyoman Sridana.

Menurutnya, kandungan senyawa aktif dalam bawang berlian sangat lengkap sehingga khasiatnya banyak. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa yang dikandung, yaitu flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas.

Bawang yang kerap disebut bawang sabrang ini telah diteliti sejumlah pihak untuk membuktikan khasiatnya. “Bawang berlian bisa digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya gunakan bawang berlian yang baru muncul kuncup bunga,” tukasnya. (pur)

BAGIKAN