Rumah Hobbit, Wisata “Selfie” Baru di Pedawa

1078
HOBBIT - Rumah hobbit yang merupakan wisata "selfie" baru di Dusun Asah, Desa Pedawa, Buleleng. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Sejumlah warga di Dusun Asah, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng, berkreasi dan berinovasi dalam menunjang pariwisata di Bali Utara. Tidak kalah dengan wisata selfie terbaru di Buleleng, kini di Desa Pedawa terdapat wisata selfie dan nongkrong yang bernama rumah hobbit. Seperti namanya, wisata ini menawarkan dekorasi miniatur rumah yang dimana interior serta materialnya terbuat dari benda tak terpakai.

Objek wisata baru ini akan segera di-launching beberapa hari lagi, namun sebelumnya sejak mulai dipromosikan sejumlah pengunjung melalui media sosial, wisatawan dan masyarakat Buleleng terus berdatangan untuk bersantai dan melihat rumah-rumah unik seperti rumah kurcaci, sambil menikmati kuliner khas Desa Pedawa seperti senggait, entil dan sate keladi.

Penggagas rumah hobbit, Ketut Sudiarta, belum lama ini mengatakan, berawal dari sekadar menyalurkan hobi dengan mendesain beberapa tempat di halaman pabrik kopi Moela Pedawa dengan konsep rumah bernuansa alam. Dikemas dengan konsep yang berbeda dari wisata selfie yang sudah ada di Buleleng, siapa sangka, hasil kreasinya menjadi wisata kekinian yang di cari-cari wisatawan untuk ber-selfie dan tempat minum kopi. Selain rumah hobbit, ada juga rumah bambu, rumah perahu dan rumah tempat rousting kopi bubuk ala Pedawa. “Kalau wisata selfie di Buleleng, sudah banyak dengan produknya masing masing. Apa yang belum ada di Buleleng setelah saya cek ternyata rumah Hobbit belum ada,” ungkapnya, belum lama ini.

Menurut Sudiarta, material untuk sejumlah rumah-rumah unik beserta fasilitas di dalamnya ada yang terbuat dari bambu, pohon cengkeh yang sudah tidak terpakai, tangkai buah kolang-kaling bahkan sampai kayu bekas untuk mencetak batako dikemas menjadi rumah kreasi dengan nilai seni tinggi, sehingga tidak heran, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Selain bisa berfoto dengan latar belakang rumah hobbit, juga bisa bersantai sambil menikmati kopi hitam dengan gula aren atau lebih dikenal dengan “Ngopi ala Pedawa” bernuansa pedesaan.  (ira)

BAGIKAN