Menuju Koperasi Berkualitas LDP Sanatana dan Diskop UMKM Gianyar Gelar Diklat Uji Kompetensi  

34
DIKLAT - Peserta diklat dan uji kompetensi foto bersama dengan Direktur LDP Sanatana dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gianyar. (sta)

Gianyar (Bisnis Bali) – Dalam menghadapi pasar bebas, semua tenaga kerja dituntut memiliki keahlian standar. Seperti di koperasi, pengurus, manajer, kepala cabang dan bidang lainnya wajib mengantongi sertifikat uji kompetensi. ‎Sehubungan dengan hal dimaksud disadari bahwa koperasi memiliki peranan yang sangat strategis. Sebagai upaya untuk memperkokoh landasan perekonomian kerakyatan dalam menghadapi situasi ekonomi global yang kurang menguntungkan saat ini. Sehingga diperlukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan manajerial. Khususnya bagi manajer/pengurus/pengelola koperasi di Kabupaten Gianyar melalui Diklat dan Uji Kompetensi.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gianyar, Dewa Putu Mahayasa, S.H., M.H., dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Bina Lembaga Koperasi, I Wayan Suniarta saat membuka Diklat Uji Kompeten Manajer/Pengelola Koperasi, Selasa (4/7) di PLUT UMKM Gianyar.

Menurutnya, Diklat Uji Kompetensi ini diselenggarakan LDP Sanatana bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gianyar. Pesertanya sebanyak 20 orang manajer/pengelola dari Kabupaten Gianyar. Pihaknya ‎berpesan kepada semua peserta menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu pengetahuan terkait dengan manajerial koperasi semaksimal mungkin memperoleh hasil yang optimal dan mampu diandalkan untuk merealisasikan progran kerja ke depan, demi menuju pada koperasi yang maju dan mandiri.

”Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas manajer/pengurus/pengelola atau melalui transformasi pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatkan kinerja dalam mengelola koperasi,” katanya sambil menyebutkan jumlah koperasi di Kabupaten Gianyar sebanyak 1.220 dan baru 30 persen pengelolanya memiliki sertifikat kompeten. (sta)

BAGIKAN