BKS-LPD Ubud, Jaga Komunikasi demi Kemajuan LPD

24
Salah satu pertemuan LPD-LPD di Ubud. Koordinator BKS-LPD Ubud, I Wayan Karma (tengah), didampingi Ketua BKS-LPD Gianyar (2 dari kanan)    (ist)

Gianyar (Bisnis Bali)- Saling bersinergi satu sama lainnya merupakan salah satu hal yang harus dimiliki, guna meningkatkan kinerja masing-masing LPD. Demikian pula yang dilakukan LPD-LPD di Kecamatan Ubud, dibawah naungan BKS-LPD Kecamatan, terus mengedepankan komunikasi yang baik antar LPD untuk saling bahu-membahu dalam mengembangkan LPD.

Hal ini diungkapkan Koordinator BKS-LPD Kecamatan Ubud, I Wayan Karma, saat ditemui, Senin (3/7) kemarin. Dia mengatakan, komunikasi antar LPD di Kecamatan Ubud selama ini, telah berjalan dengan baik, yang sudah tentu kedepannya terus ditingkatkan. ” Komunikasi antar LPD ini perlu dilakukan, selain untuk sharing terkait permasalahan yang dimiliki, dengan komunikasi yang baik, kita juga bisa saling melengkapi,” katanya.

Dia mengatakan, setiap bulan pihaknya selalu mengadakan pertemuan, dan dengan ini juga mampu menambah keakraban antarsesama LPD. Diakuinya, LPD-LPD di Kecamatan Ubud juga memiliki koperasi yang menangani sharing dana antar LPD. Dengan keberadaan koperasi ini, dia mengatakan, LPD mampu saling melengkapi, terutama bagi LPD yang kekurangan dana bisa meminta bantuan dana pada LPD yang kelebihan dana. “Dengan begitu,  kita bisa saling melengkapi antara yang kekurangan dan kelebihan dana,” katanya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas SDM di LPD, di bawah naungan BKS-LPD baik Kecamatan Ubud ataupun Kebupaten Gianyar, LPD-LPD di Kecamatan Ubud juga dikatakannya, sering mengikuti workshop dan pelatihan. Adapun pelatihan tersebut berupa, pelatihan kasir, pelatihan pelayanan dan sebagainya.

Ketua BKS-LPD Gianyar, I Wayan Artana yang juga turut mendampingi pertemuan media Bisnis Bali dengan BKS-LPD Kecamatan Ubud, membenarkan usaha-usaha yang dilakukan BKS-LPD Ubud selama ini. Dia mengatakan, jika memberikan kesempatan pada masing-masing koordinator kecamatan untuk membina LPD dengan melakukan pelatihan serta lainnya yang bertujuan meningkatkan kemajuan LPD. “Perkembangan LPD di Ubud cukup Baik, terbukti dengan kepemilikan aset salah satu LPD mencapai Rp 200 miliar. Selain itu fasilitas dan sarana LPD di Kecamatan Ubud juga terbilang cukup baik yang sesuai dengan kepemilikan aset masing-masing,” katanya. (wid)

BAGIKAN