Realisasi Penukaran Uang Kecil Rp 2 Miliar per Hari

29
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, Causa Iman Karana

Denpasar (Bisnis Bali) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Bali mencatat realisasi penukaran uang kecil dari kas keliling yang digelar bersama perbankan jelang Lebaran rata-rata mencapai Rp 1,9 miliar sampai Rp 2 miliar per hari. Secara keseluruhan realisasi penukaran uang kecil di Kuta dan Denpasar mencapai Rp 13,9 miliar.

“Dari realisasi penukaran uang kecil pada kas keliling oleh BI dan perbankan ini tercatat turun 6 persen, bila dibandingkan 2016 dengan nilai mencapai Rp 14,8 miliar,” kata Kepala KPw BI Bali Causa Iman Karana di Renon.

Ia mengatakan, setelah diamati penurunan terjadi karena ternyata ada hari kerja yang tidak sama. Tahun lalu penukarannya selama 8 hari kerja, sedangkan tahun ini ada selisih satu hari karena ada libur mendadak sehari sesuai keputusan presiden pada 22 Juni 2017.

“Bila sama hari kerja seperti tahun lalu maka angkanya bisa lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Hal itu bisa terjadi, kata Causa, karena rata-rata penukaran uang pecahan kecil dalam sehari mencapai Rp 1,9 miliar sampai Rp 2 miliar, sehingga apabila pada 22 Juni 2017 kemarin masuk, maka proyeksinya terjadi kenaikan nominal mencapai Rp 15,8 miliar. (dik)

BAGIKAN